Iklan
RSS

Mencermati Hasil Polling [CB150SF vs New Vixion Lightning]

02 Okt

MansarPost – Brosist sekalian,, fenomena-fenomena yang terjadi dalam praktek sehari-hari kadang berbeda dengan teori atau penelitian yang telah dilakukan seperti survey dll….

Hal ini kadang menimbulkan pertanyaan kenapa hal itu bisa terjadi….??

Apakah karena penelitiannya yang salah atau memang ada sesuatu yang unik yang membuat fenomena dalam praktek berbeda dengan penelitian….

Salah satu contohnya adalah penjualan New Vixion Lightning dan CB150SF yang tidak sejalan dengan survey (polling) yang dilakukan oleh blogger-blogger kondang tanah air seperti IWB dan Indobikers.. Disaat hasil polling menunjukkan CB150SF unggul dari New Vixion, namun disisi lain penjualan CB150SF kalah dari New Vixion Lightning…. Dimana New Vixion Lightning selama tahun 2013 telah terjual sebanyak 470.025 unit, sedangkan CB150SF hanya 182.942 unit.. untuk semester 1 2014 New Vixion Lightning sebanyak 221.712 unit sedangkan CB150SF sebanyak 123.233 unit (data dari Mang Enoanderson)..

Polling NVL vs CBSF lek IWB

Hasil Polling NVL vs CBSF lek IWB

Sebetulnya banyak faktor yang mempengaruhi penjualan suatu produk….

Dari sisi produsen, kapasitas produksi kedua produk saja sudah lumayan berbeda jauh, dimana kapasitas NVL hampir dua kali lipat dari CB150SF (40ribuan Vs 20ribuan)…. Naaahh dari sini sebetulnya sudah bisa terlihat khan bahwa penjualan masing-masing produk berkorelasi positif terhadap kapasitas produksi dari produk tersebut….

Oke kita lanjut lagi brosist,, sekarang mari kita lihat contoh polling dari lek IWB tentang NVL vs CB150SF….

Polling CBSF vs NVL lek IWB

Polling CBSF vs NVL lek IWB

Naaah dari polling tersebut, terlihat jelas bahwa variabel yang ditanyakan adalah desain produk, y khan brosist….

Mansarpost coba mengambil salah satu penelitian teman tentang pengaruh desain, kualitas, harga, layanan purnajual dan lain sebagainya terhadap keputusan untuk membeli produk yang secara langsung akan meningkatkan penjualan produk.. Nahh ternyata desain berpengaruh sekitar 30%-an (penelitian lain bisa saja berbeda brosist) terhadap keputusan untuk membeli, dimana sisanya dipengaruhi variabel lain seperti harga, layanan purnajual, kualitas produk dll….

Naaahh dari sini brosist semua udah bisa narik kesimpulan khan…

Sebetulnya sebelum produsen menentukan kapasitas produksi suatu produk,, mansarpost yakin banget bahwa sebelumnya mereka sudah melakukan penelitian semacam ini entah bagaimana bentuknya, sehingga didapat angka sebesar angka yang ada dalam forecast di TPT di Kementerian terkait, itupun tetap masih ada tingkat deviasinya, namun setidaknya dasar TPTlah yang paling relevan untuk bisa dijadikan patokan mengenai penjualan produk tersebut karena angka tersebut didapat dengan perhitungan yang didukung penelitian secara empiris, bukan asal dapat dari hasil semedi 7 hari 7 malam…. 😀

So,, atas dasar ini bagaimana kans penjualan CBR150R lokal vs R15??,, intip aj jumlah produksinya brosist, sepertinya tidak akan jauh perbandingannya (selama hasil penelitiannya akurat) CMIIW….

Iklan
 
13 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Oktober 2014 in Roda 2

 

Tag: , ,

13 responses to “Mencermati Hasil Polling [CB150SF vs New Vixion Lightning]

  1. fby tulen

    2 Oktober 2014 at 9:50 pm

    Katanya honhon punya kekiatan masspro yg tak tertandingi….kok masih ϑ¡ injek sm yamaha

    Ngoahahaha

    Suka

     
    • mansarpost

      3 Oktober 2014 at 5:09 am

      Naaahh itu dia bro,, mungkin dulu forecast di TPT nga terlalu besar karena doi sadar kalo CBSF penerimaannya oleh masyakarat belum akan seheboh NVL..
      AHM sendiri masih belum PD bisa ngalahin NVL..

      Suka

       
    • mansarpost

      3 Oktober 2014 at 5:13 am

      Iya kang,, coba nnti kite lihat seandainya CBSF bener ganti tutup tangki n velg+ban, apakah forecast TPTnya berubah..

      Suka

       
  2. varezta

    3 Oktober 2014 at 11:59 am

     
    • mansarpost

      3 Oktober 2014 at 12:49 pm

      Naaahhh itu dia,, walaopun secara polling menang, tapi khan itu cuma secara desain, nah secara kualitas khan beda lagi pandangan konsumen, dan kualitas juga ngaruh ke penjualan..

      Suka

       
      • varezta

        3 Oktober 2014 at 10:38 pm

        Betulll..tadinya sih mau cbr kyknya tp liat rangka cb yg akhir2 ini brmasalah jd ilfeel

        Suka

         
      • mansarpost

        4 Oktober 2014 at 5:12 am

        Naaahhh itu,, berarti ada variabel lain yg mempengaruhi, kualitas produk….

        Suka

         
      • varezta

        4 Oktober 2014 at 10:20 am

        Joa..hidup 2pk :p

        Suka

         
      • mansarpost

        4 Oktober 2014 at 10:29 am

        2pk wattnya kebesaran mas, 1/2pk aj.. ngoahaha..

        Suka

         
      • varezta

        4 Oktober 2014 at 6:34 pm

        Wkwk aku ra volvo

        Suka

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: