Iklan
RSS

Renungan Tahun Baru Hijriah…

24 Okt

image

MansarPost – Brosist sekalian,, mengingat apa yang telah diutarakan oleh khotib saat khutbah jumat tadi siang,, mansarpost mencoba untuk mengulang kembali apa-apa saja yang dibahas siang tadi,, khususnya mengenai “Tahun Baru Hijriah”….

Tahun baru Hijriah (Muharram),, tahun dimana dasarnya adalah berpindahnya (hijrah) umat islam dari Mekkah menuju Madinah,, seringkali disalah-artikan kedatangannya,, ada yang menyebutnya sebagai bulan yang penuh akan malapetaka,, sehingga banyak dilakukan yang namanya ritual tolak bala,, himbauan untuk tidak melangsungkan pernikahan di bulan tersebut,, himbauan untuk tidak melaksanakan perjalanan jarak jauh dan lain sebagainya… Sesuatu yang merupakan tindakan yang salah kaprah untuk diterapkan,, apalagi diikuti….
Bulan Muharram pada dasarnya justru merupakan salah satu bulan suci (haram)…

”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)

Lalu dilanjutkan dengan sabda Nabi Muhammad SAW…

”Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadil (akhir) dan Sya’ban .”

Pada bulan Muharram,, diharamkan segala bentuk pembunuhan (seperti perang),, dan juga ada penekanan agar tidak melakukan perbuatan haram…

Jadi jelas,, di bulan Muharram justru ditekankan untuk tidak melakukan sesuatu yang buruk,, bukan seperti pernikahan, perjalanan dan lain sebagainya…

Hal lain yang patut kita ketahui adalah mengenai perayaan tahun baru Hijriah… Perayaan disini maksudnya bukan dengan berpesta pora,, bermewah-mewahan dan hura-hura,, dan lain sebagainya…
Tahun baru pada hakikatnya hanya merupakan tanda bahwa waktu sudah berganti,, tahun yang bertambah dan usia kita yang semakin berkurang…
Renungkanlah apakah selama ini kita sudah baik atau belum,, apa yang masih kurang dari diri kita,, apa yang harus diperbaiki dst….
Semoga ditahun-tahun mendatang,, kita semua bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,, sehingga tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang merugi…. Aaamiiinnn..

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24 Oktober 2014 in Tak Berkategori

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: