Iklan
RSS

Mau Tahu Berapa Keuntungan AHM Jualan Motor di Indonesia,,, Niiihhh dia Datanya Brosist….

11 Nov

“Profit of Astra Honda Motor [AHM] for the Year Ended December 31, 2013

MansarPost – Brosist sekalian,,, sesuai janji mansarpost dahulu saat membahas analisis profitabilitas Honda vs Yamaha di sini,, dimana janjinya tentang data Honda Indonesia (AHM) yang merupakan anak usaha Astra Internasional (ASII), maka sekarang mansarpost akan mencoba untuk memberikan sedikit gambaran tentang AHM ini,, yakni data tentang laba aka keuntungan yang diperoleh AHM selama tahun 2013,, sebuah data yang hanya berupa angka-angka saja, namun sangat ditunggu dan banyak orang yang ingin tahu,, ya khaaan….

ahm

Ohh ya, sebelum kita lanjutkan, mansarpost mau menjelaskan sedikit mengenai alasan kenapa cuma data tentang laba/keuntungan saja yang bisa mansarpost dapatkan… Alasannya seperti yang mansarpost sudah jelaskan pada artikel sebelum-sebelumnya,, yakni status AHM yang hanya sebagai anak perusahaan,, dan tidak terdaftar/terlisting di bursa saham juga, mansarpost hanya bisa bergantung pada Laporan Keuangan sang induk (Astra),, itupun hanya sebatas dalam Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) saja,, so datanya benar-benar terbatas brosist,,,, harap maklum yaaa… 😀

Okke langsung saja ya,, niiihh besaran keuntungan yang diperoleh Astra dari AHM…

Laba AHM 2013

Berdasarkan data tersebut di atas,, laba yang diperoleh AHM sebesar Rp2.456.000.000.000,- (2,456 Triliun),, tapi ingat, Astra hanya punya 50% saham,, sisanya 50% dimiliki Honda Global, sooo nilai laba 100%-nya adalah sebesar Rp4.912.000.000.000,- (4,912 Triliun)… Gile nga tuuhhh,, duit semua tuuhh brosist,, bukan sekedar kumpulan angka-angka semata… :mrgreen:

Naaaahh agar lebih lengkap,, seharusnya ada data mengenai penjualannya juga niihh,, biar kelihatan analisis kinerjanya,, ya nga brosist… Tapi sayang,, data penjualannya nga ada brosist, yang ada cuma data total penjualan dari AISI yakni sebanyak 4.700.871 unit (sumber),,, bukan nilai rupiahnya…

Okee gpp,, coba sekarang kita asumsikan,, ingat looohh ya,, hanya asumsi, yakni bahwa persentase keuntungan berbanding penjualannya sama dengan Honda Global di sini, yakni sebesar 3,97% dari penjualan,, maka secara hitungan kasar penjualan AHM adalah sebesar 100/3,97 x Rp4,912 Triliun = Rp123.727.959.697.700 (123,7 Triliun),, terlalu tinggi sepertinya,, kurang realistis…. Oke sekarang coba kalo kita bandingkan dengan total penjualannya yang sebesar 4,7 juta unit, katakanlah harga motornya kita pukul rata Rp15 Juta,, maka akan didapat penjualan sebesar 4,7 juta unit x Rp15 juta = 70,5 Triliun,, lebih realistis laaahh ya… Kalo memang sebesar 70,5 Triliun,, maka margin laba bersihnya sebesar Rp4,912 Triliun / Rp70,5 Triliun = 6,96% sebuah angka yang lumayan besar niiihhh untuk ukuran sebuah perusahaan…

Okkee brosist,, seperti ini saja yang bisa mansarpost sharing pada sobat pembaca semua,, jangan ditelen mentah-mentahnya,, karena beberapa hanya pakai asumsi terutama terkait penjualan dan margin laba bersihnya,, hanya sebagai gambaran saja… 😀

Okkee,, semoga berguna…

BACA JUGA :

Iklan
 
24 Komentar

Ditulis oleh pada 11 November 2014 in Akuntansi, Roda 2

 

Tag: , ,

24 responses to “Mau Tahu Berapa Keuntungan AHM Jualan Motor di Indonesia,,, Niiihhh dia Datanya Brosist….

  1. Aa Ikhwan

    11 November 2014 at 10:33 am

    wow ajib besar ajah untungnya 😀

    Suka

     
    • mansarpost

      11 November 2014 at 10:38 am

      buat nyawer A #ehh buat bikin pabrik lagi aja dehh… 😀

      Suka

       
    • Victor

      13 November 2014 at 12:04 pm

      Kawasaki juga banyak keuntungannya selain bisnis motor, banyak pesanan kapal, kereta, pesawat, dll…………. Sebagaimana kita tahu Boeing 787 Dreamliner diproduksi di pabrik Kawasaki………………….

      Suka

       
      • mansarpost

        13 November 2014 at 12:39 pm

        Yuuupp bener massbro,, kelas berat malah, heavy industri…
        Trims udah mampir masbroo… 😀

        Suka

         
    • loop

      23 Maret 2015 at 1:41 am

      pelit sekali, kalo ngasih bantuan ke SMK cuma dikit, padahal se- Indonesia jumlahnya ribuan SMK

      Suka

       
  2. ipanase

    11 November 2014 at 11:28 am

    ternyata cuma dikit ya…
    dibanding pencurian uang centuri h,
    ternyata duit T itu gedeeeeeee

    Suka

     
    • mansarpost

      11 November 2014 at 11:41 am

      huahahaha,, dikiTTTriliun… 😀

      Suka

       
      • ipanase

        11 November 2014 at 4:53 pm

        ternyata keuntungannya pabrik besar itu dibawah korupsi senturi, edyan

        Suka

         
      • mansarpost

        11 November 2014 at 5:01 pm

        Edyaaan,, makanya banyak yang pilih korupsi… 😀
        Btw maap nga bisa bales comment di artikel nt Fan,, di aplikasi wordpress ane, muncul notif cuma di status bar doanh,, notif di aplikasi malah blank,, heran kenapa bisa gini…

        Suka

         
      • ipanase

        11 November 2014 at 5:02 pm

        wah ga paham aku :v

        Suka

         
  3. KLX Adventure

    11 November 2014 at 12:21 pm

    Mantap analisisnya

    ========

    Ini Dia yang Bening-bening di Final Yamaha Cup Race (YCR) 2014 http://klxadventure.com/2014/11/10/ini-dia-yang-bening-bening-di-final-yamaha-cup-race-ycr-2014/

    Suka

     
  4. klonengan

    11 November 2014 at 12:38 pm

    la yamaha mn bro

    Suka

     
  5. Pugman

    11 November 2014 at 1:33 pm

    Berarti, laba msh sedikit dibawah perusahaan tempat saya. hehe..
    Sampeyan nanti kalo baca Pajaknya lebih kaget lagi.
    Kalau saya Prediksi, Tanggungan Pajak AHM sekitar 1T/thn
    Karena ditempat saya tanggungan Pajak yang harus dibayar perusahaan sekitar
    1,5Trilyun di tahun 2013.
    Jadi kebayangkan, sebenarnya berapa pendapatan negara dari Pajak.

    2010 saya pernah di Permata, waktu itu laba tahun 2009 sekitar 800M, lihat di 2013
    setelah kalkulasi Laba mencapai lebih dari 1,5T artinya kinerja perusahaan-perusahaan Astra ini memang mantap.

    Suka

     
    • mansarpost

      11 November 2014 at 2:25 pm

      Woooww,, perusahaan apa tuh masbro, dalam negeri apa luar…
      Yuuupp,, bank permata walaupun kapitalisasi modal astra lebih besar disana, tapi labanya masih lebih kecil dari AHM, tapi dividennya kecil, makanya kapitalisasi investasinya meningkat terus…

      Suka

       
    • kampreet

      11 November 2014 at 11:22 pm

      pabrik semen itu boss

      Suka

       
      • mansarpost

        12 November 2014 at 4:19 am

        Huahahahahaha,,, saingannya roda 3 ya…. 😀

        Suka

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: