Iklan
RSS

Kode Seri Wilayah Plat B [Daerah Penyebaran] – Wilayah Polda Metro – Jakarta Depok Tangerang Bekasi

16 Nov

“Police Number Code Series of Region Jakarta – Depok – Tangerang – Bekasi [Letter B]”

MansarPost – Bagi sobat pembaca orang aseli betawi Jakarte atau sekitarnye yang merantau ke luar daerah,, kadang ketika melihat ada plat nomor kendaraan dengan huruf depan “B”, seringkali beranggapan bahwa kendaraan tersebut berasal dari Jakarte,, bukan Tangerang,, bukan pulak Bekasi,, apalagi “B”ogor….. 😀

image

Naaaahhh dahulu mansarpost sudah pernah membahas tentang kode plat nomor suatu daerah disini,, namun saat itu khusus kode plat huruf depannya saja atau dengan kata lain mencakup seluruh wilayah di Indonesia Raya… Naaahh kali ini mansarpost mencoba untuk membahas kode huruf belakangnya,, yakni kode setelah empat angkanya brosist,, namun khusus untuk plat B saja, yakni wilayah jajahan Polda Metro Jaya dengan cakupan wilayah DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi,,,,,, agar ketika kita melihat plat nomor B, kita tidak serta merta langsung menganggapnya dari Jakarte, tapi harus dicek juga kode huruf belakangnya….

Okke langsung saja,, mengutip data dari wikipedia di sini,, berikut rinciannya…
Huruf yang mewakili kategori tempat terdaftarnya kendaraan:
U —> Jakarta Utara
B —> Jakarta Barat
P —> Jakarta Pusat
S —> Jakarta Selatan
T —> Jakarta Timur (Pasar Rebo, Kampung Rambutan, Cilangkap)
Z —> Kota Depok (Cinere, Limo, Sawangan)
E —> Kota Depok (Sukmajaya, Cimanggis, Beji, Cipayung)
N —> Kabupaten Tangerang (Gading Serpong, Mauk, Tigaraksa)
C —> Kota Tangerang (Karawaci, Neglasari, Cibodas, Tangerang Kota, dan Bandara Soekarno Hatta)
V —> Kota Tangerang (Ciledug, Larangan, Perdurenan, Cipondoh)
K —> Kota Bekasi
F —> Kabupaten Bekasi
Y —> Kabupaten Bekasi
W —> Kota Tangerang Selatan
G —> Kabupaten Tangerang

Naaaahhh gimana brosist,, udah jelas khan….?? Jadi kalo suatu saat ngeliat motor dengan nomor plat B 3234 CXX,, maka itu bukan berasal dari Jakarta ya,, tapi masuk jajahannya Kota Tangerang,, begitu juga dengan nomor plat B 3456 KXX,, itu tandanya doi masuk jajahannya Kota Bekasi,,,,, dan contoh-contohnya lainnya…..
Okke cukup sekian brosist,, singkat saja, hanya bertele-tele di intro sajjjaaahhh…. :mrgreen:

Iklan
 
13 Komentar

Ditulis oleh pada 16 November 2014 in Transportasi

 

Tag: ,

13 responses to “Kode Seri Wilayah Plat B [Daerah Penyebaran] – Wilayah Polda Metro – Jakarta Depok Tangerang Bekasi

  1. Aa Ikhwan

    17 November 2014 at 7:57 am

    ajib

    Suka

     
    • mansarpost

      17 November 2014 at 9:43 am

      Masuk yang mana A,, B 3456 CXX ya… 😀

      Suka

       
      • Aa Ikhwan

        17 November 2014 at 9:46 am

        C 😀

        Suka

         
  2. Clarence Nawawi

    5 Oktober 2015 at 11:06 pm

    Gan, itu kan kode sekarang… (tiga huruf)

    Agan tahu gak kalo kode yg dua huruf belakang? (misal : B XXXX *B , B XXXX *K –> Jakarta Utara, dsb.)

    Kalo Agan tahu aja sih… Makasih 😀

    Suka

     
    • Bimo

      30 Agustus 2016 at 9:59 pm

      kalau ga salah 3 huruf dibelakang itu tandanya
      huruf oertama = tanda wilayah kendaraan terdaftar & bener datanya kaya diartikel ini, misal bekas kota = K
      huruf kedua = golongan/jenis kendaraan misa sedan = A
      huruf ketiga = adalah acak untuk pembeda walau memang ada polanya
      jadi misal kalau minibus & terdaftar di kota bekasi maka 3 huruf belakangnya jadi KFF & kalau sedan bakalan KAF tapi kalau sedan udah mutasi kode huruf keduanya jadi E bukan A lagi
      gitu si yang ane baca2 mah & emang bener si punya tetangga juga sedan bekasi kota bekas mutasi jadi KES akhirnnya bukan KAS 🙂

      Suka

       
    • mcsurs

      9 Mei 2017 at 6:55 pm

      B XXXX *I atau I* = JakTim, *Y & Y* =Bekasi kota, A-B-C = Tangerang

      Suka

       
  3. rossa hana azzahra

    25 September 2016 at 2:40 pm

    Jika ada yg melihat plat nomor B 1932 KTW HARAP HUBUNGI KE NAMA FB INI BIMO RIZKY OKTAVIANTO yg foto profil nya keseringan gambar bis, itu nama fb nya BIMO RIZKY OKTAVIANTO. dia temen saya, hp dia telah diambil oleh plat nomor B 1932 KTW. motor revo warna hitam. kata bimo. jika ada yg melihat langsung lapor kedia yahhh:). terima kasih:)

    Suka

     
  4. Ade

    23 Oktober 2016 at 4:10 pm

    widih mantep nih artikel yang bermanfaat
    http://otodrift.com/20-konsep-modifikas-nissan-grand-livina-terbaru/

    Suka

     
  5. Qeeboy

    22 November 2016 at 10:44 am

    kla awalannya A daerah mana gan?

    Suka

     
  6. Sapto hadi

    14 Februari 2017 at 2:56 pm

    Minta kode wilayah Bogor dan sekitarnya dunk

    Suka

     
  7. It'sFour

    24 April 2017 at 11:01 am

    mobil sama motor sama sajakah?

    Suka

     
  8. Hadie

    23 Juni 2017 at 8:54 am

    Kalo plat B xxxx Myy dari wilayah mana bro?

    Suka

     
  9. Alif a

    9 Oktober 2017 at 10:47 pm

    Terimakasih gan bermanfaat

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: