Iklan
RSS

Jaga Jarak Aman… Terus Jarak Aman itu Seberapa Siiihh….?? Niiiihh Ilustrasinya….

02 Des

Jaga Jarak Aman… Terus Jarak Aman itu Seberapa Siiihh….?? Niiiihh Ilustrasinya….

Keep Safety Distance

MansarPost – Brosist sobat pembaca setia mansarpost, dalam keseharian berkendara melanglang buana keliling kota, sering kita melihat kendaraan dengan tempelan stiker “Jaga Jarak” baik itu di motor, minibus maupun mobil-mobil besar seperti truk… Sebuah kalimat pendek namun penting,, penting karena hal ini menyangkut keselamatan kita sebagai pengendara yang ada tepat di belakang kendaraan tersebut… Naaaaahh terus jarak yang aman itu seberapa siiihh,, 1 meter, 2 meter, 3 meter atau 100 meter….??

jarak aman minimum

Jarak aman sebetulnya bersifat relatif, karena hal ini didasarkan pada preferensi dari masing-masing orang, jika menurut “instingnya” jarak 5 meter itu aman, maka jarak 5 meter itulah yang dipegang,, tapi yang jadi masalah tidak selamanya insting itu benar,, adakalanya perkiraan juga bisa meleset, apalagi jika tidak didukung dengan piranti pengereman yang baik… Naaah walaupun sifatnya relatif, namun tetap “jarak aman” ini mempunyai suatu acuan yang bisa kita jadikan patokan sebagai gambaran atas “jarak aman” yang ideal… Contohnya seperti ini…

Ilustrasi perhitungannya sebagai berikut :

  • Jika kecepatan kita adalah 20 km/jam, maka jarak minimum yang dibutuhkan adalah 16 meter dimana artinya kita butuh waktu minimal 2,88 detik untuk melakukan pengereman jika seandainya kendaraan di depan kita berhenti tiba-tiba… Darimana dapat 2,88 detik…? Kecepatan 20 km/jam = 20.000 meter/3.600 detik atau dengan kata lain kecepatan kita adalah 5,55 meter/detik… Naaahh untuk mencapai jarak 16 meter maka waktu yang dibutuhkan adalah sebesar 16/5,55 = 2,88 detik…

Sekarang kita ambil contoh kecepatan tertinggi dalam tabel diatas, yakni 120 km/jam.

  • Jika kecepatan kita adalah 120 km/jam, maka jarak minimum yang dibutuhkan adalah 250 meter dimana artinya kita butuh waktu minimal 7,5 detik untuk melakukan pengereman jika seandainya kendaraan di depan kita berhenti tiba-tiba… (perhitungan sama dengan contoh diatas) Naaah ternyata jika kecepatan kita lebih cepat,, maka waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama, hal ini memang untuk mengantisipasi adanya kemungkinan buruk seperti rem kurang berfungsi dengan baik (baca: kurang pakem)…

Sekarang coba kita ambil titik tengah ya, karena memang pada kecepatan inilah mayoritas para biker memacu kendaraannya di jalan raya, katakanlah 50 km/jam.

  • Jika kecepatan kita adalah 50 km/jam, maka jarak minimum yang dibutuhkan adalah 55 meter dimana artinya kita butuh waktu minimal 3,96 detik atau kita bulatkan saja menjadi 4 detik untuk melakukan pengereman jika seandainya kendaraan di depan kita berhenti tiba-tiba…

Naaahhh terlihat ya bahwa waktu yang dibutuhkan minimal untuk mengambil tindakan itu hanya sebesar 4 detik,, jika selama 4 detik tersebut tidak ada tindakan apa-apa (tidak melakukan pengereman) maka bisa dipastikan bahwa kita akan menubruk kendaraan di depan kita jika doi berhenti mendadak…

Satu hal yang harus diperhatikan disini adalah bahwa “jarak aman” yang cukup tidak akan berfungsi dengan baik jika seandainya kita sendiri tidak konsentrasi dalam berkendara… Maksudnya jika dalam berkendara pikiran kita kosong dan tidak fokus, maka bisa jadi waktu selama 4 detik tadi kita masih tetap bengong dan kaget ketika tiba-tiba muka kita sudah berada tepat dibelakang kendaraan yang berhenti tadi,, dan kalo udah seperti itu, maka jarak aman yang lebih jauhpun akan percuma saja,, ya tooohhh…

Okeee sekian dari mansarpost,, semoga berguna,, keep safety riding mybroooo…

BACA JUGA :

Iklan
 
24 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Desember 2014 in Roda 2, roda 4, Transportasi

 

Tag: ,

24 responses to “Jaga Jarak Aman… Terus Jarak Aman itu Seberapa Siiihh….?? Niiiihh Ilustrasinya….

  1. KLX Adventure

    2 Desember 2014 at 1:41 pm

    Acuan nggak bisa berlaku di Jakarta, Bandung, Surabaya nih 😀

    ========

    BMW Motorrad Buka Showroom di Makassar http://klxadventure.com/2014/12/02/bmw-motorrad-buka-showroom-di-makassar/

    Suka

     
    • mansarpost

      2 Desember 2014 at 1:43 pm

      huahahaha,, bener, ada jarak 2 meter kosong aja langsung disikat… 😀

      Suka

       
      • KLX Adventure

        2 Desember 2014 at 1:48 pm

        pokoknya sampai bumper depan ketemu bumper belakang mobil di depannya 😆

        motor juga gitu, sampai ban ketemu spakbor belakang motor depan.. wkwkwk

        Suka

         
      • mansarpost

        2 Desember 2014 at 1:53 pm

        begitu dekat,, begitu nyata,, tiada jarak yang memisahkan… 😀

        Suka

         
  2. orong-orong

    2 Desember 2014 at 1:43 pm

    juooos iki, nanti tak coba ukur dah pas riding
    http://orongorong.com/2014/12/02/knalpot-rc213v-ini-bikin-mumet/

    Suka

     
    • mansarpost

      2 Desember 2014 at 1:46 pm

      nga usah bawa meteran ya masbrooo… 😀

      Suka

       
      • orong-orong

        2 Desember 2014 at 1:53 pm

        lha pakai apa, yang presisi ya pakai meteran

        Suka

         
      • mansarpost

        2 Desember 2014 at 1:56 pm

        bisa keburu ditubruk orang… hehehe

        Suka

         
      • orong-orong

        2 Desember 2014 at 2:02 pm

        wkwkwkwkwk

        Suka

         
  3. ndesoedisi

    2 Desember 2014 at 3:24 pm

    jarak aman ? coba tanya sopir-sopir di Pantura xixixi

    http://ndesoedisi.wordpress.com/2014/12/02/honda-k56-ujian-kedua-bagi-ahm/

    Suka

     
    • mansarpost

      2 Desember 2014 at 3:32 pm

      Huahaha,, manfaatkan ruang sedikitpun… 😀

      Suka

       
  4. macantua

    2 Desember 2014 at 4:53 pm

    nyimak

    macantua.com/2014/12/02/akhirnya-datang-juga-stnk-dan-plat-nomor-asti/

    Suka

     
  5. ardiantoyugo

    2 Desember 2014 at 6:50 pm

     
    • mansarpost

      2 Desember 2014 at 7:26 pm

      Waaahhh,, hitung mundur dong… 😀

      Suka

       
      • ardiantoyugo

        2 Desember 2014 at 7:32 pm

        101, 102, 103…

        Suka

         
      • mansarpost

        2 Desember 2014 at 7:49 pm

        Oalaaahhh,, tak kirain hitung mundur dari 100 sampe 3… 😀

        Suka

         
  6. Biant

    2 Desember 2014 at 7:46 pm

    ini nih
    kemaren nubruk posisi di tanjakan
    ada gukguk nyelonong yang depan rem mendadak tapi lampu remnya mati
    yo wis… cium sisan 😀

    Suka

     
    • mansarpost

      2 Desember 2014 at 7:51 pm

      Huahaha,, sebetulnya memang kalo di jalan turunan atau jalan basah, perhitungan jaraknya beda… Ohh ya, lampu juga penting tuh, terutama kalo di dalam terowongan atau underpass…
      Trims udah mampir masbrooo.. 😀

      Suka

       
  7. lekdjie mumet-ndhase.com

    2 Desember 2014 at 7:52 pm

    pake meteran saat nyetir?mumet ndhase dah…

    http://mumet-ndhase.com/2014/12/02/suzuki-satria-fu-150-jadi-motor-sport/

    Suka

     
    • mansarpost

      2 Desember 2014 at 7:53 pm

      Huahahaha,, dikira2 aja masbrooo… 😀

      Suka

       
    • mansarpost

      9 Desember 2014 at 9:47 am

      iya,, bahaya kalo tiba2 misal kendaraan di depan berhenti mendadak,, kecuali kalo kondisinya lagi padat merayap… 😀

      Suka

       
  8. EM Sticker

    24 November 2015 at 9:08 am

    Waspada dan Hati-Hati lah pokoknya saat berkendara…

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: