Iklan
RSS

Kapan Sebuah Persimpangan Jalan Bisa Dipasangi Lampu Merah….??

05 Des

Kapan Sebuah Persimpangan Jalan Bisa Dipasangi Lampu Merah….??

Traffic Lights

MansarPost – Sobat pembaca setia mansarpost, pernahkah terpikirkan oleh sobat pembaca semua, kira-kira kenapa siiih kadang persimpangan jalan di suatu daerah tidak/belum dipasang lampu merah…?? Padahal khan bisa bahaya ya, pengendara bisa saling serobot untuk menyebrang karena memang tidak ada rambu-rambu resmi-nya… Untung saja kadang ada “pak Ogah” yang rela berpanas-panas ria mencoba mengatur arus kendaraan yang ada cukup dengan imbalan seribu rupiah,, kata “terima kasih” atau bahkan hanya sekedar “bunyi klakson” saja…

image

Keberadaan lampu merah pada suatu persimpangan jalan memang sangatlah penting,, terutama jika arus lalu lintas kendaraan yang melaluinya sudah cukup padat sehingga untuk menyeberang dari satu jalan ke jalan di seberangnya,, pengendara harus menunggu hingga kondisi jalan sepi dan memungkinkan untuk menyebrang… Naaah pemasangan lampu merah ini rupanya tidak semudah yang kita bayangkan brosist,, ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi sebelum lampu merah dapat dipasang… Apa saja alasannya? yuk kita bahas…

Mengutip dari wikibooks (di sini) yang bahannya merujuk ke peraturan tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,, kriteria yang harus dipenuhi untuk pemasangan lampu merah atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) adalah sebagai berikut:

1. Arus minimal lalu lintas yang menggunakan rata-rata diatas 750
kendaraan/jam selama 8 jam dalam sehari;
2. Atau bila waktu menunggu/tundaan rata-rata kendaraan di persimpangan telah melampaui 30 detik;
3. Atau persimpangan digunakan oleh rata-rata lebih dari 175 pejalan kaki/jam selama 8 jam dalam sehari;
4. Atau sering terjadi kecelakaan pada persimpangan yang bersangkutan;
5. Atau merupakan kombinasi dari
sebab-sebab yang disebutkan di atas.

image

Naaaah udah jelas khan,, ternyata ada syarat khusus yang harus dipenuhi brosist,, tidak bisa dipasang begitu saja… Dan karena ini juga akhirnya mansarpost mengerti kenapa kok dulu waktu tinggal di Papua sana lampu merah kok jarang banget,, padahal banyak persimpangan jalan, rupanya eh rupanya karena syarat tersebut diatas belum terpenuhi,, wong nongkrong beberapa menit di jalan aja kendaraan yang lewat sudah bisa dihitung dengan jari kok…
Okke sekian brosist,, monggo dikoreksi jika salah,, semoga berguna…

BACA JUGA :

Iklan
 
11 Komentar

Ditulis oleh pada 5 Desember 2014 in Transportasi

 

Tag: , ,

11 responses to “Kapan Sebuah Persimpangan Jalan Bisa Dipasangi Lampu Merah….??

  1. masmat

    5 Desember 2014 at 10:09 am

    Siiip lik…tak woco yoo..

    Suka

     
    • mansarpost

      5 Desember 2014 at 10:10 am

      Monggo masbrooo…
      Trims udah mampir… 😀

      Suka

       
  2. KLX Adventure

    5 Desember 2014 at 3:09 pm

    Begitu ternyata

    ========

    Wow! Dalam Dua Bulan Triumph Indonesia Jual 220 Motor http://klxadventure.com/2014/12/05/wow-dalam-dua-bulan-triumph-indonesia-jual-220-motor/

    Suka

     
    • mansarpost

      5 Desember 2014 at 6:44 pm

      Sepertinya memang begitu adanja… 😀

      Suka

       
  3. brigafe jalan raya

    5 Desember 2014 at 6:36 pm

    nice info. mas man ini judulnya menarik. haha. eh tapi apa ya patokan waktu buat lampu lalu lintas? secara simpangan di tempat saya sebelum dipasang lancar jaya ga ada macet. setelah dipasang, begh, macet mulu dari pagi dekat ke siang sampai sore.

    simpangan itu sebenarnya ga butuh lampu lalu lintas. memang padat kendaraan di jam pulang kerja alias sore hari. seharusnya polisi aa yang atur. tapi capek ya? atau pakai sistem sensor alias teknologi canggih biar waktu lampu lalu lintas ga membosankan. tau aja lah sendirian nunggu di simpangan padahal lalu lintas kosong melompong. jam 6 pagi tuh. hehe.

    Suka

     
    • mansarpost

      5 Desember 2014 at 6:56 pm

      Mantaaap niih commentnya masbroo brigafe…

      Bener juga nih apa kata masbrooo,, ketika ada lampu merah malah macet… Ini karena ada jeda waktu antara lampu hijau di setiap ruas,, jadi keliatan ketika lampu sudah merah, arus dari ruas lain tidak langsung jalan, tapi ada jeda beberapa detik… Naaaahh kalo seandainya ada 4 ruas/simpangan berarti udah berapa detik tuhh,, ini yang mengakibatkan seolah-olah jadi lebih lama/macet…

      Kedua mengenai waktu tunggu,, ini dasarnya adalah titik jenuh sebuah ruas,, jadi misal sebuah ruas jalan dalam 1 menit tidak ada pergerakan arus sudah menumpuk/jenuh maka seharusnya waktu tunggu tidak jauh berbeda dengan waktu jenuh tersebut,, masalahnya kadang itu dipukul rata setiap saat pagi-siang-sore,, padahal khan tiap saat berbeda, seharusnya diatur pada jam tertentu waktu tunggunya adalah sekian detik,, pokoknya jam sibuk sama jam lowong idealnya harus beda…

      Satu lagi mengenai kenapa tidak polisi saja yang mengatur, hal ini karena tujuan lampu merah adalah sebagai pemberi isyarat pasif, polantas bisa turun ketika isyarat pasif (lampu merah) tidak mampu mengendalikan arus lalu secara efektif,, misal dalam kondisi terlalu macet,, baru pak pol bisa turun…

      Suka

       
  4. brigade jalan raya

    5 Desember 2014 at 8:05 pm

    jossss. nice respon. hehe. bagus ga usah dipasang deh kalo gitu lampu lalu lintasnya. haha. betul kalo mau pengaturan waktu lampu lalu lintas dibuat dua set, jam lengang dan jam sibuk.

    kalo ga ada lampu lalu lintas, pak pol yang atur traffic di persimpangan, banyak lebihnya deh, polisi image nya jadi bagus, makin dekat sama pengendara, masyarakat ga anti pati sama sistem yang kadang ngebebanin sehingga makin aware dengan aturan si pak polisi…prit prit! ada hiburan suara prit prit. xixi kalo perlu joget bang jali. hoahaha. 😆

    Suka

     
    • mansarpost

      5 Desember 2014 at 8:09 pm

      Naaahhh setuju tuhh,, ane juga lebih suka kalo polisi yang turun tangan mengatasi kemacetan,, imagenya bakal terdongkrak naik,, jadi peluit dipake buat ngatur,, bukan buat nilang… 😀

      Suka

       
  5. robet

    15 November 2016 at 5:14 pm

    itu dapat sumbernya dari mana gan????

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: