Iklan
RSS

Mengenal Perbedaan Jalan Nasional, Jalan Provinsi dan Jalan Daerah

08 Des

Mengenal Perbedaan Jalan Nasional, Jalan Provinsi dan Jalan Daerah

Know the Differences between National Road, Provincial and Regional Roads…

MansarPost – Sobat pembaca setia mansarpost, hari senin niihh, saatnya kita membahas sesuatu yang mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita semua,, khususnya terkait dengan transportasi, sarana dan prasarana dimana kali ini kita akan membahas tentang kewenangan jalan…

image

Sering kita melihat ada suatu jalan yang dibiarkan terbengkalai, rusak parah tanpa ada tindakan dari Pemerintah Daerah yang berkuasa, walaupun sudah banyak aduan dari masyarakat sekitar… mansarpost yakin banget pasti brosist pernah mengalaminya, terutama bagi brosist sekalian yang tinggal di batas daerah, batas provinsi atau batas lainnya… Naaaahh kira-kira kenapa hal tersebut bisa terjadi….?? Yuuukk kita bahas…

Kewenangan Jalan
Menurut Peraturan Pemerintah nomor 34 tahun 2006 tentang Jalan, pembagian kewenangan jalan dibagi menjadi beberapa bagian yakni :

1. Jalan Nasional, gampangnya gini, jalan nasional itu adalah jalan yang menghubungkan provinsi (antar provinsi) pada suatu wilayah berada dibawah kewenangan Negara dalam hal ini kementerian PU dimana kalo di daerah dipegang oleh Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT),, biasanya ada di tingkat Provinsi… Naaaahh mereka ini tugasnya ngurusin jalan nasional yang ada di daerah… Sumber dana proyek ya dari mereka, jadi ketika ada jalan nasional misal jalan pantura deh (menghubungkan Provinsi Jabar-Jateng-Jatim) rusak parah,, yang harus disalahin adalah negara,, bukan Pemda Jabar-Jateng-Jatim,, mereka sebetulnya bisa kalo mereka mau,, hanya saja bisa terbentur peraturan…

2. Jalan Provinsi, jalan yang menghubungkan antar kabupaten/kota dalam sebuah provinsi, misal jalur Subang-Sumedang,, naaahh ini kewenangan Provinsi Jawa Barat,, jadi kalo rusak parah dibiarkan,, yang salah adalah Pemprov Jabar, bukan pemda Subang/Sumedang…

3. Jalan Kabupaten/Kota, jalan yang menghubungkan antar kelurahan/desa,, naaahh sudah semakin sempit niihh kewenangannya, pokoknya kalo jalan antar desa rusak, yang tanggung jawab adalah kabupaten/kota…

4. Jalan Desa, sebetulnya ini tambahan ya, jadi sekarang ini setiap desa punya anggaran sendiri, dan mereka bisa mengelola sendiri dana tersebut, salah satunya untuk pembuatan jalan desa (antar RW ya brati… 😀 )…

Naaaahh gimana brosist,, sudah jelas khan,, jadi nanti kalo ada jalan rusak, kita identifikasi dulu itu kewenangannya ada dimana,, biar nga salah dalam melakukan pengaduan…
Okkee cukup sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna…

BACA JUGA :

Iklan
 
10 Komentar

Ditulis oleh pada 8 Desember 2014 in Transportasi

 

Tag: , ,

10 responses to “Mengenal Perbedaan Jalan Nasional, Jalan Provinsi dan Jalan Daerah

  1. KLX Adventure

    8 Desember 2014 at 3:33 pm

    Lapor! Jalan nasional lintas selatan Jawa Timur – Jawa Tengah – Yogyakarta sekarang mulus banget, padahal tiga tahun lalu remuk redam. 😀

    ========

    Joss! Super Spring Sediakan GPS Tracker Khusus untuk Motor… http://klxadventure.com/2014/12/08/wihhh-super-spring-sediakan-gps-tracker-khusus-untuk-motor/

    Suka

     
    • mansarpost

      8 Desember 2014 at 10:06 pm

      Waaaaaww,, alhamdulillah ya,, tapi biar mulus jangan terprovokasi untuk ngebut… 😀

      Suka

       
  2. Yudakusuma

    8 Desember 2014 at 5:56 pm

    hem akhirnya mengerti….
    jalan daendles wates – ambal di daerah selatan purworejo yang jalannya tiba2 jadi sempit dan jelek pas di purworejo berarti kewenangannya pemda jateng?

    ========
    Kupas detail Yamaha Mio M3 beserta harga
    http://yudakusuma.com/2014/12/08/apa-aja-sih-spesifikasi-yamaha-mio-m3-blue-core-125cc-dengan-harga-mulai-1308-juta-rupiah/

    Suka

     
    • mansarpost

      8 Desember 2014 at 10:10 pm

      Mungkin bisa masuk jalan nasional juga ya,, Prov Jateng-Jogja… Sebetulnya kalo nga salah ada juga penetapan kayak semacam SK menteri yg nenetapkan jalan anu masuk nasional dll, tapi lupa ane… Maap sangat…

      Suka

       
  3. perikar

    31 Agustus 2015 at 8:11 pm

    pengertian jalan daerah apaan?

    Suka

     
    • mansarPost

      1 September 2015 at 12:18 pm

      Jalan daerah bisa disebut jalan provinsi,, jalan yang menghubungkan antar kabupaten pada 1 provinsi..
      Bisa disebut juga jalan kabupaten,, jalan yang menghubungkan antar kecamatan atau distrik pada 1 kabupaten..

      Suka

       
    • Ahmad Fadhil Tajibarani

      23 November 2017 at 8:26 am

      Jalan Daerah sama dengan Jalan Kabupaten yg menghubungkan antar ibu kota kecamatan, desa dan Kelurahan

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: