Iklan
RSS

Mengenal Salah Satu Jenis Kerusakan Jalan – Pot-Holes aka Jalan Berlubang

11 Des

Mengenal Salah Satu Jenis Kerusakan Jalan – Pot-Holes aka Jalan Berlubang

Type of Road Damage – Pot Holes

MansarPost – Sobat pembaca setia, suatu kondisi jalan kadang selalu menjadi dilema dalam prakteknya sehari-hari… Ketika kondisi jalan buruk, berlubang, tergenang air pasti banyak yang menuntut untuk segera diperbaiki agar tidak ada korban yang celaka atas kondisi tersebut… Pun begitu halnya ketika kondisi jalannya baik, aspal mulus, tidak bergelombang, ada juga sebagian orang yang menyebutkan bahwa hal tersebut sebagai salah satu pemicu kecelakaan, padahal pengendaranya saja ya yang tidak bijak dalam memperlakukan kondisi jalan yang baik, selalu terindimidasi oleh kondisi jalan yang mulus, apalagi kalo ada rival lewat terus geber-geber gas… :mrgreen:

Naaahh bicara mengenai jalan rusak, kali ini kita akan membahas salah satu jenis jalan rusak yang sering terjadi kala musim penghujan tiba, yakni jalan berlubang aka Pot-Holes… Sesuai namanya, pot-holes adalah suatu kondisi dimana jalan berlubang-lubang, baik itu besar ataupun kecil namun banyak, yang jelas jalan tersebut berlubang, ada sebuah cekungan yang membahayakan setiap pengendara yang melewatinya, terlebih jika kedalamannya lumayan dalam dan dilewati oleh skutik dengan kecepatan tinggi, bisa geal geol aka penyok (dented) velgnya… 😀 Kondisi pot-holes bisa diilustrasikan seperti gambar berikut…

Jalan Berlubang

Naaaahhh sekarang kita bahas penyebabnya ya… Ada banyak penyebab sebetulnya, namun menurut tingkat kemungkinan terjadinya, penyebab tersebut antara lain:

Jalan Tergenang

Ini adalah kondisi yang paling memungkinkan terjadinya pot-holes,, dimana air yang merendam sang aspal berpotensi untuk merembes, selanjutnya mengikis kemampuan daya rekat aspal terhadap batuan kecil (agregat halus), kondisi ini berpotensi untuk merembet lebih luas jika tidak ditangani segera (selama air masih menggenang)… Kondisi ini tidak nampak ketika banjir, namun akan terlihat jelas ketika banjir surut…

Drainase yang Buruk

Masih berhubungan dengan kondisi jalan tergenang, jadi drainase yang buruk ini merupakan penyebab utama terjadinya suatu genangan… Ketika drainase terlalu kecil daya tampung airnya, maka tidak heran ketika hujan lebat tiba air di drainase akan meluap hingga permukaan jalan… Bisa juga karena banyaknya sampah yang menyumbat jalannya air dalam saluran drainase, atau mungkin tidak dibuat drainase sama sekali…

Kesalahan dalam Perencanaan

Masih juga terkait dengan genangan, dimana penyebab utama ditelusur lebih jauh lagi… Misal gini,, ketika kondisi tanah dibawah permukaan aspal tersebut adalah tanah yang sudah jenuh dalam kemampuan meresap air (misal sebelumnya daerah rawa), maka hujan sedikit saja air sudah menggenang, karena memang tanah di kiri-kanan jalan tersebut tidak mampu menyerap air dengan cepat (sudah jenuh)… Berbeda kondisinya jika tanah existingnya adalah tanah kering yang haus akan air,, jadi ketika hujan datang, air akan dengan mudah diserap permukaan tanah… Perhitungan California Bearing Ratio (CBR) menjadi sangat penting dalam hal ini…

Kegagalan Konstruksi

Ini adalah kondisi lain yang mungkin saja menjadi penyebabnya, jadi untuk kegagalan konstruksi ini lebih kepada kualitas jalan yang tidak sesuai spesifikasi teknis minimal,, misal agregat yang terlalu besar, batuannya bulat (seharusnya batuan pecah), ada campuran tanah yang berlebihan dalam agregrat halusnya, cairan aspal yang kurang menutup sempurna agregat dan lain sebagainya, intinya spesifikasi teknis yang dibawah standar…

Itu dia kemungkinan penyebab terjadinya pot-holes brosist,, masih banyak kemungkinan lain sebetulnya, tapi secara garis besar ya kondisi diatas… Naaaahh jika kondisi tersebut terjadi, langkah jangka pendeknya adalah dengan melakukan penambalan (patching) terhadap lubang,, namun untuk jangka panjangnya harus ditelusur lebih jauh penyebabnya,, jika penyebabnya drainase yang buruk, ya harus diperbaiki, atau jika memang karena kegagalan konstruksi, seharunya siiih dilakukan pengaspalan ulang, tapi mahal jeeee, butuh biaya besar,,,, yang paling gampang dan murah ya tambal sulam, satu lubang 5.000 rupiah,,,,, gubraaaaaaakk, emangnya tambal ban motor… :mrgreen:

Perbaikan Jalan Patching

Okke,, cukup sekian artikel kali ini,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna…

BACA JUGA :

Iklan
 
9 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Desember 2014 in Transportasi

 

Tag: , , ,

9 responses to “Mengenal Salah Satu Jenis Kerusakan Jalan – Pot-Holes aka Jalan Berlubang

  1. ndesoedisi

    11 Desember 2014 at 11:21 am

    kalo ditempat saya disebut aspal muda atau aspal basah :mrgreen:

    http://ndesoedisi.com/2014/12/11/meme-balasan-iklan-bc-yamaha/

    Suka

     
    • mansarpost

      11 Desember 2014 at 11:21 am

      Bisa jadi,, kalo aspal tua alot ya… 😀

      Suka

       
  2. brigade jalan raya

    11 Desember 2014 at 11:26 am

    kemarin waktu dengerin para pejabat diskusi jalan pantura, aspalnya sengaja dijelekkan, pertimbangannya duit, plan berjangka sehingga.prioritas buat lain tuh duit negara.

    sesuai sop proyek semua akan berjalan lancar. ga apa pakai aspal elek. tapiiiiii …

    timbangan truck yang dikorupsi 😦

    bencana alam, kek banjir, bikin macet. sehingga bobot truck saat berhenti berdampak pada kekuatan aspal. ya hasilnya mudah berlubang 😦

    banjir itu sendiri, jika lama ya namanya konstruksi aspal elek mretel sitik demu sitik 🙂

    saya sih setujunya, anggran APBD APBN kumpulin bikin jalan semenisasi. katanya sebagian sudah dicor yak 🙂

    bencana alam, kontur alam, manajemen duit, tambahan dari ayeh 🙂

    moga indonesia merdeka dari jalan rusak, pot hole, dan sentosa dari bencana 🙂

    Suka

     
    • mansarpost

      11 Desember 2014 at 6:42 pm

      Semoga korupsi dibabat habis, biar sektor lain terdongkrak tumbuh…

      Suka

       
  3. brigade jalan raya

    11 Desember 2014 at 11:28 am

    oyah, faktor korupsi, lupa! itu biang keroknya 🙂

    Suka

     
    • mansarpost

      11 Desember 2014 at 6:42 pm

      hehehehe,, ujung-ujungnya pasti korupsi ya,, kudu dibabat habis…

      Suka

       
  4. brigade jalan raya

    11 Desember 2014 at 11:37 am

    oyah! soal perencanaan itu bener. pemborong ga bisa manajemen perusahaan, hasilnya gagal proyek, ga korupsi, tapi duit negara sia sia 😦

    kek di kampung saya sendiri. pemkot akhirnya inspeksi lapangan, kenapa kok perbaikan jalan bikin lumpur, bikin pemotor sering jatuh, usut punya usut, pemborong awal ga sanggup tak over proyek dengan duit segitu tapih kualitas wahid! 😦 lalu diserahin ke pemborong yang lain, karena duit segitu bisa diselesaikan, tapih, alakadarnya saja 😦

    sekilas kek korupsi, tapi ini perencanaan perusahaan yang ngaco 😦

    akhirnya pemkot sudah sungguh sungguh mempercayakan kepada mereka,.eh, malah jadi hancur. 😦 pemkot juga kan yang mau ga mau tanggung jawab, menerima prasangka buruk rakyat 😦

    Suka

     
    • mansarpost

      11 Desember 2014 at 6:47 pm

      huahahaha,, praktek di dunia nyata memang sangar… tapi IMHO itu kayaknya bukan ketidakmampuan kontraktornya masbroo,, tapi memang udah seperti itupolanya, jadi Perusahaan ke-1 dapet tender, itu di borongin lagi ke pihak lain, harga misal dikurang 5% buat keuntungan (karena yg terikat kontrak khan perusahaannya doi),, nah selanjutnya ditender lagi ke pihak lain, harga dikurang 5% lagi,, gitu aja seterusnya hingga beberapa pihak,, akhirnya anggaran proyek jadi keliatan kecil, padahal speknya tinggi, so akhirnya dikurangilah speknya… IMHO lohh ya, tidak semua seperti ini…

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: