Iklan
RSS

Potensi Pasar Ekspor Sektor Otomotif Indonesia [Pendapat]

12 Des

Potensi Pasar Ekspor Sektor Otomotif Indonesia [Pendapat]

Indonesian Automotive Sector Potential for Export Markets [Opinion]

MansarPost – Sobat pembaca setia,, beberapa waktu yang lalu kita udah lumayan banyak membahas tentang perkara ekspor produk otomotif Indonesia ke luar negeri,, hanya saja prestasinya masih kurang memuaskan (data 2013), dimana jumlah produk yang diekspor hanya sebanyak 27 ribu unit saja dari total kapasitas produksi sebanyak 7,8juta unit atau hanya sebesar 0,35% sajaahh dibandingkan kapasitas produksinya…

image

Eiiiits,, tapi tenang brosist, tahun ini diperkirakan jumlahnya bakal melonjak drastis sehubungan dengan diekspornya Yamaha R series (R15 dan R25) produksi lokal dan juga NVL, lalu dari Kawasaki ada ninja RR Mono, dari Honda juga denger-denger CBR150 udah sampai Vietnam sana… Naaaahh kalo masih kurang nanti ada lagi triple matik, yakni Suzuki Address, Yamaha Mio dan rival abadinya Honda Beat yang kemungkinan keran ekspornya bakal dibuka tahun 2015 mendatang,, dimana volumenya-pun sudah tidak kecil lagi brosist…
Naaah gimana,, makjoooos khan… 😀 Hal ini menandakan bahwa IMHO kualitas produksi sektor otomotif Indonesia sudah mulai bisa diterima negara lain, dan mungkin juga karena faktor biaya produksi yang mungkin lebih kecil dari negara-negara lain di ASEAN…

Btw, entah kenapa kok mansarpost mikirnya ini adalah kondisi bonus ya,, maksudnya apa…? Maksudnya bahwa ekspor ini bukan tujuan utamanya,, tujuan utamanya tetap pasar domestik… Jadi gini, untuk bisa menekan biaya produksi, tentunya kapasitas produksi juga harus besar, katakanlah untuk dapat memproduksi 8juta unit motor, biayanya adalah 10jt/motor,, namun jika kapasitas produksi ditingkatkan menjadi 9juta unit biayanya bukan lagi 10jt/motor, tapi 9,5jt/unit… Selanjutnya jika daya serap domestik sebesar 8juta unit motor/tahun,, maka perusahaan akan memilih produksi 9juta unit,, jadi jika konsumsi domestik meningkat, sudah ada cadangan 1juta unit, katakanlah jadi 8,5juta unit motor terserap pasar domestik,, naaahh sisanya yang 500rb unit inilah yang dialihkan ke pasar ekspor,, kasar kata nga untung juga gpp, yang penting balik modal, wong itu kondisi “bonus” kok…

image

Naaaahh kalo udah begini,, harapannya ke depan adalah, agar Indonesia menjadi basis produksi berbagai macam produsen roda dua dunia seperti halnya negara Thailand, dimana ekspor bukan lagi sebagai kondisi “bonus” namun juga sebagai salah satu tujuan strategis… Ingat,,, basis produksi yang baik adalah yang paling dekat dengan pasar dimana pasar terbesar roda dua DUNIA adalah Cina, India dan Indonesia… Untuk urusan kualitas, mansarpost yakin Indonesia pasti bisa lebih baik dari kedua negara itu,, tinggal iklim investasi saja niih yang mungkin harus segera dibenahi agar Indonesia benar-benar menarik di mata para produsen Otomotif dunia,, semoga saja bisa ya…
Okke sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna….

BACA JUGA :

Iklan
 
18 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Desember 2014 in otomotif, Roda 2

 

Tag: , , , , , ,

18 responses to “Potensi Pasar Ekspor Sektor Otomotif Indonesia [Pendapat]

  1. warungasep

    12 Desember 2014 at 8:35 pm

    Ya.. Selain bonus juga utk meningkatkan prestige, bahwa motor itu berkualitas eksport, hihihi cmiiw juga 😀

    http://warungasep.net/2014/12/12/wow-honda-cbr-150-r-lokal-di-eksport-ke-vietnam/

    Suka

     
    • mansarpost

      12 Desember 2014 at 8:38 pm

      Yuuuupp,, setuju, buat senjata marketing juga ya embel2 “produk ekspor” nih… 😀

      Suka

       
    • Victor

      13 Desember 2014 at 2:23 am

      Suka

       
      • Victor

        13 Desember 2014 at 2:23 am

        Suka

         
    • Victor

      13 Desember 2014 at 2:27 am

      Buatan Indonesia sampai Inggris…………….

      Suka

       
      • mansarpost

        13 Desember 2014 at 5:22 am

        Makjooooooooosss… 😀

        Suka

         
    • Victor

      13 Desember 2014 at 2:28 am

      Suka

       
      • Victor

        13 Desember 2014 at 2:32 am

        Buatan Indonesia…………..

        Suka

         
      • mansarpost

        13 Desember 2014 at 5:23 am

        :iloveindonesia ….. 😀

        Suka

         
  2. KLX Adventure

    12 Desember 2014 at 9:07 pm

    Pasti dong ekspor hanya bonus, soalnya pasar ekspor nggak sebesar pasar domestik. Yang pasarnya gede pasti minta dilokalkan juga 😀

    ========

    AHM Belum Mau Lokalkan Honda PCX, Nunggu Serangan Yamaha? http://klxadventure.com/2014/12/12/ahm-belum-berniat-lokalkan-honda-pcx-nunggu-serangan-yamaha-kah/

    Suka

     
    • mansarpost

      13 Desember 2014 at 12:15 am

      Bisa jadi bisa jadi… 😀

      Suka

       
    • Victor

      13 Desember 2014 at 2:24 am

      Suka

       
      • Victor

        13 Desember 2014 at 2:25 am

        Suka

         
      • Victor

        13 Desember 2014 at 2:26 am

        Buatan Indonesia ada di Thailand………..

        Suka

         
    • Victor

      13 Desember 2014 at 2:32 am

      Suka

       
      • Victor

        13 Desember 2014 at 2:33 am

        Suka

         
    • mansarpost

      13 Desember 2014 at 12:12 am

      Sangat menggiurkannnnn… 😀

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: