Iklan
RSS

Legenda Julukan Motor di Indonesia

29 Des

Legenda Julukan Motor di Indonesia

Nickname Legend of Indonesian Motorcycles

MansarPost – Brosist,, penamaan sebuah produk merupakan sesuatu yang sangat penting sebelum merilis produk tersebut ke pasar… Kenapa hal ini penting….?? Jelas, dengan nama yang khas, unik, nyentrik, dan familiar maka produk tersebut akan lebih mudah diingat oleh konsumen,, namanya akan masuk di alam bawah sadar konsumen… Katakanlah ketika disebut nama Kijang, maka produk mobil yang akan terlintas di pikiran konsumen adalah produk Toyota Kijang, begitu-pun dengan Zebra, Kuda dan lain sebagainya…

image

Naaaahhh,, sekarang kita beralih ke sepeda motor brosist, dimana nama yang disandang bukan hanya didapat dari nama sebenarnya akan produk tersebut, tapi juga nama yang merupakan julukan dari bagi produk tersebut dari kebanyakan konsumen… Okkee,, langsung saja, yuuk coba kita bahas “nama” atau “julukan” apa saja yang banyak beredar di masyarakat…

image

Bebek
Motor fenomenal dan fungsional nihh,, sebetulnya nama ini bukan melekat pada produk sebuah pabrikan, namun lebih umum lagi, dimana motor yang desainnya kayak “bebek” ya itulah motor bebek… Istilah bekennya sendiri adalah “cub” atau “moped”…

image

Ayam Jago
Wuuiihhhh,, sangar niihhh, apakah ber-jengger dan ber-jalu juga motornya….?? Tentu tidak brosist, desain ini sejatinya adalah desain pembeda akan motor bebek, dimana lehernya yang lebih pendek karena shock breaker depannya yang tidak seperti bebek, tapi seperti motor sport…

image

Hiu [Shark]
Gggrrrrr,, serem nihh, predator euy… Julukan ini masih hangat brosist, dimana nama ini disematkan kepada Yamaha R25 karena desain matanya yang “sesuatu”,, #ehh yang menyerupai sang Hiu, terutama jika dilihat dari samping… Ohh ya,, julukan hiu ini juga pernah disematkan kepada Satria 120R, seperti yang sudah mansarpost ulas disini

image

Elang [Eagle Eye]
Yuuuupp,, mata elang adalah sesuatu yang menyebabkan nama ini disematkan kepada Yamaha Xeon GT 125,, tatapan matanya tajam bak elang yang hendak memangsa korbannya,, sangar euy… Tapi kok matanya cuma satu ya…

image

Byson
Udah jelas,, Yamaha Byson, nga usah panjang lebar dijelaskan… 😀

image

Badak
Sebetulnya nama badak ini disematkan bukan karena bentuknya yang mirip atau bercula brosist,, tapi karena torsinya yang besar seperti Yamaha MT series,, jadi mau beban seberat apapun juga hayukkk aja selagi masih muat di jok… 😀

image

Belalang
Sebetulnya ini termasuk salah satu nama “legenda” motor di Indonesia,, biasa disebut belalang tempur, motor milik sang Ksatria Baja Hitam yang sejatinya adalah produk Suzuki RA 125 (gambar paling atas),, tapi kalo di Indonesia IMHO kayaknya yang mirip belalang adalah Yamaha RX King yang sefenomenal itu… 😀

image

Burung Hantu
Lagi-lagi motornya Yamaha yang masuk dalam daftar,,, yuuupp, mata sang Yamaha Jupiter Z versi 2007an kalo nga salah,, benar-benar mencerminkan tajamnya mata sang Burung Hantu…

image

Cangcorang
Sebetulnya motor ini tidak ada di Indonesia brosist,, tapi biar selakian lengkap nama-nama fauna yang melekat pada sepeda motor, weeesss mansarpost suguhkan desain motor yang sangat mirip dengan cangcorang,, yakni Yamaha XG 250 – Tricker… Desainnya yang jangkung memang menyiratkan akan serangga unik yakni cangcorang aka belalang sembah…
image

[Update]
Macan – Tiger

Tidak salah brosist,, julukan sang macan bagi Honda Tiger yang mulai diproduksi tahun 2003 hingga 2014 (awal tahun) telah sukses menaikkan pamor motor sport 4tak tanah air… Desainnya yang kekar dan gempal menyiratkan akan tenaganya yang besar (pada jamannya)… Sayang beribu sayang, perlahan “auman-nya” kurang begitu terdengar, kalah nyaring dengan bunyi rantainya yang “gemericik”… Tapi tetap,, mansarpost angkat topi bagi sang Tiger,, torsinya benar-benar makjooooss, lari tanpa henti tanpa capai tanpa lelah, benar-benar mirip karakter sang Macan…
image

Kalajengking – Scorpio
Yuuuppp,, inilah lawan tanding bagi sang Macan-Tiger,, kubikasinya yang besar siap menyengat siapapun yang berada di atas jok-nya… 😀 sayang beribu sayang, suaranya tidak lebih baik dari sang Tiger, sang Scorpio-pun harus discontinue tahun 2014 ini,, mungkin dia lelah… :mrgreen:
Ohh ya,, baik Tiger maupun Scorpio,, kini modelnya banyak yang berubah wujud menjadi Scrambler aka Jap style aka CB Blar Blar style…

suzuki shogun

Kebo – Suzuki Shogun

Mungkin bagi brosist sekalian penyuka kecepatan sekitar tahun 2000an pasti kenal motor ini, jika memang tidak kenal, mungkin kenal dengan “CDI”-nya yang sangat fenomenal… 😀 Yuuuupp,, bodynya yang besar bak seekor kerbau memang menjadi ciri khasnya pada jaman tersebut, kenapa….?? ya karena body motor bebek saat itu masih cungkring-cungkring aka langsing sehingga doi yang gempal mendapat julukan Shogun Kebo,, tapi bagi mansarpost yang paling fenomenal dari motor ini adalah CDI-nya…

Honda CS1 Galeri Studio

Honda CS1 Galeri Studio

Domba – Honda CS1

Yuuuuppp,, desainnya yang dianggap setengah-setengah antara bebek dan ayam jago memang membuat motor ini menjadi agak aneh bagi sebagian orang,, tapi malah justru itulah sisi pembeda sang CS1 ini dengan produk lainnya… Domba,, adalah julukan bagi sang CS1, desain headlampnya yang sesuatu sepertinya hal yang membuat motor ini dijuluki sebagai domba… Ohh ya,, kayaknya suatu saat motor ini akan diburu oleh para kolektor motor langka, motor ini memang anti mainstream, tapi soal performa, jangan salah brosist,, banyak yang mengaguminya…

Yamaha Mio J Hitam Black

Yamaha Mio J Hitam Black

Pinguin – Mio J

Yuuuupp,, satu lagi brosist yang tidak ketinggalan, perawakannya memang sekilas seperti seekor penguin yang sedang berdiri, apalagi dilihat dari sisi depan agak menyerong seperti gambar di atas, mirip seperti seekor pinguin yang unyu-unyu… 😀

Okkee,, cukup sekian dari mansarpost,, kalo ada yang mau nambahin monggo,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna….

BACA JUGA :

Iklan
 
15 Komentar

Ditulis oleh pada 29 Desember 2014 in otomotif, Roda 2

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

15 responses to “Legenda Julukan Motor di Indonesia

  1. macantua

    29 Desember 2014 at 2:06 pm

    nyimak

    macantua.com/2014/12/29/kawasaki-athlete-250sl/

    Suka

     
  2. raider 150

    29 Desember 2014 at 2:41 pm

    Lnjutan artikel kemarin di bhas jg y.. Sekalian macan tiger n kalajengking scorpio..

    Suka

     
    • mansarpost

      29 Desember 2014 at 2:56 pm

      Oh iya,, kelupaan euy,, padahal legendaris…

      Iyuupp,, artikel yang saling terkait, kunci postingan jalan terus… #ups… 😀

      Suka

       
  3. raider 150

    29 Desember 2014 at 5:55 pm

    Sipp macan q ngikut, pdahal dlu mw bli scorpio seken gak jd am bapak gk boleh gr2 boros n monoshocknya ambles bwt boncengan, tp soal power emang yahut,.

    Suka

     
    • mansarpost

      29 Desember 2014 at 6:22 pm

      Iyuupp,, torsinya scorpio memang nga bisa diajak becanda, naaahh itu shock breakernya agak kurang siiip, makanya pada dimodif jadi double shock aka scrambler… 😀

      Suka

       
  4. ashes

    29 Desember 2014 at 6:03 pm

    Tambahin om. Reog (megapro new), megapro primus, klingon (new scorpio z), apalagi ya…

    Suka

     
    • mansarpost

      29 Desember 2014 at 6:24 pm

      Waduuhhh,, nga enak ane masbrooo, takut ada yang tersungging #ehh tersinggung… 😀

      Suka

       
  5. kolong langit

    31 Desember 2014 at 7:44 am

    Pinguin mas..buat mio j..ud bnyak yg ngasih julukan itu..

    Suka

     
    • kolong langit

      31 Desember 2014 at 2:14 pm

      Trs cs1 alias domba (garut)..

      Suka

       
      • mansarpost

        31 Desember 2014 at 2:25 pm

        Iyuupp,, nanti tak tambahin masbroo… Sori baru bales… 😀

        Suka

         
  6. raider 150

    11 Januari 2015 at 6:54 am

    Tergantung seberapa ngetren julukan itu di pakai, klo julukanya pling bnyk di pakai orang, y itulah yg di pakai, kyak di iklan jual beli onlin ad yg menyebut mio smile krn lampu sein depan kyak karakter orang senyum, ada juga yg bilang mio baTman krn tandulk/behel belakng kyk batman atau kelelawar.

    Suka

     
    • mansarpost

      11 Januari 2015 at 6:58 am

      Berarti yuuukk kita sebut sesering mungkin Vario 150 ini sebagai batman…. #lohh kok malah ngajak… 😀

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: