Iklan
RSS

Suzuki Shogun R 110, Mantan Motor Bebek Legendaris Suzuki…

01 Jan

Suzuki Shogun R 110, Mantan Motor Bebek Legendaris Suzuki…

Suzuki Shogun R 110, the Legend of Suzuki Moped Motorcycle…

MansarPost – Brosist sobat pembaca setia, pangsa pasar motor bebek kini semakin lama semakin menurun saja, dahulu pasar motor ini merupakan yang paling diminati masyarakat, namun seiring tumbuhnya pasar matik tanah air, pasar sang bebek semakin tergerogoti setiap tahunnya… Semakin beratnya pasar ini ditandai juga dengan semakin menurunnya target penjualan motor bebek baru dari setiap pabrikan, mereka seolah sadar bahwa kini bukan lagi bebek yang berkuasa, namun itik…. #ehh skutik…

image

Motor Bebek Indonesia

Pasar motor bebek baru memang sedang menurun, tapi untuk pasar bebek bekas seperti tidak semenurun pasar bebek baru,, beberapa teman yang mencari motor second malah mencari jenis motor bebek, dengan alasan kebandelannya dan harganya yang murmer aka murah meriah… Yuuupp,, dengan melemahnya pasar bebek nasional, secara tidak langsung seharusnya harga second-nya juga tertekan toohhh… Naaaahh salah satu jenis bebek jadul yang dicari adalah Suzuki Shogun R 110 atau yang biasa dikenal dengan sebutan Shogun Kebo….!!

image

Motor Shogun di Indonesia lumayan terkenal dengan joke sho(g)un,, dimana komponen yang paling mahal dari Shogun adalah huruf “G”, karena tanpa huruf “G”, 10.000 rupiah-pun sudah dapat dibeli banyak sho(g)un ini… 😀 Shogun sendiri dalam film Rurouni Kenshin #ehh dalam istilah Jepang berarti Jenderal atau Panglima, sesuai dengan perawakan sang Suzuki Shogun ini yang besar, gempal dan berotot dibandingkan dengan motor-motor bebek pada jamannya yang cenderung langsing…

Saat mansarpost SMP dulu, motor ini begitu terkenal dalam arena balap motor malam liar di Tangerang (jangan ditiru ya… 😀 ),, seperti yang sudah mansarpost singgung sedikit di artikel Legenda Julukan Motor Indonesia disini, yang paling terkenal dari sang Shogun Kebo adalah komponen utama pengapiannya,, yakni CDI atau Capasitor Discharge Ignition yang biasa dicari oleh para penggila kecepatan untuk mengejak akselerasi motor racikannya…

image

Ohh ya,, selain terkenal akan CDI-nya,, motor ini juga terkenal karena mempunyai saudara kembar yang mirip namun beda “tak”… Yuuupp,, doi adalah Suzuki Tornado yang mempunyai desain body yang nyaris sama dengan sang Shogun Kebo ini… Rival Yamah F1ZR itu memang sekilas sulit dibedakan dengan sang Shogun,, yang membedakan adalah mesinnya sendiri dan tentu saja suara knalpotnya… Menurut mansarpost ketenaran sang Tornado juga turut serta menaikkan pamor sang Shogun hingga akhirnya menjadi mandiri karena desainnya berubah total pada tahun 2004 dan kubikasinya-pun naik menjadi 125cc, bersaing dengan Honda Kharisma… Sayang, tidak lama berselang sang Honda Supra yang juga legendaris berubah kubikasinya menjadi 125cc dan menjadi rival kuat sang Shogun, hingga namanya meredup hingga kini… Skip… Skip… Skip… Kepanjangan cerita euy,, jadi melebar…

Yuuupp,, itulah kiranya sekilas tentang Shogun Kebo yang sempat mewarnai jagad bebek tanah air di masa jaya-jayanya pasar bebek,, semoga Suzuki bisa bangkit tahun ini dan mampu melahirkan legenda-legenda lainnya…
Okkee,, sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna….

Video TVC Suzuki Shogun R 110

BACA JUGA :

Iklan
 
10 Komentar

Ditulis oleh pada 1 Januari 2015 in otomotif, Roda 2

 

Tag: , , ,

10 responses to “Suzuki Shogun R 110, Mantan Motor Bebek Legendaris Suzuki…

  1. raider 150

    2 Januari 2015 at 5:13 am

    Klo shogun kembaran sma tornado, fizR kembaran sma vega, sayang pabrikan s sekarang penjualanx mengandalkn satria n nex, di deler yg bnyk hanya 2 jenis motor tersebut, saudaranya skrang cm 1,2, padahal dlu bomingnya smas sr,shogun 110 lama kelamaan orang meningalkn krn kurangnya 3s dri pabrikan, sperti kedatangan R25 lawan ninja,. Bahkan bajaj berencana menghidupkan BAI dan tdk ikut geng ijo krn di anak tirikan,selain itu bwt ap ikut geng ijo klo 3s tetep jd kendala kumsumen.

    Suka

     
    • mansarpost

      2 Januari 2015 at 6:37 am

      Super sekali kangbrooo komentarnya,, lengkap nyuusss… Iyuuupp,, beberapa poin diatas artikelnya bakal terbit nanti-nanti,, seperti biasa, masih draft…
      Trims kangbrooo…. 😀

      Suka

       
  2. primtzo

    2 Januari 2015 at 11:13 am

    ane msh pnya tuw gan shogun r new 110 2002..msh ane pake harian..bandel bgt mesinnya..sbnre dh pnya mtr bru tp ini yg sring ane pake

    Suka

     
    • mansarpost

      2 Januari 2015 at 11:16 am

      Motor pekerja keras ya broooo,, mending dipelihara aja, apalagi kalo penuh kenangan…. 😀

      Suka

       
  3. makasarian

    22 Januari 2015 at 7:53 pm

    Masih inget gimana waktu itu ane akhirnya beli Tornado GS ketimbang Shogun. 😦
    Pengennya sih waktu itu beli Shogun. Tapi sayang, awal2 keluar rem depannya teromol. Dan sijuki gak ngasih opsi apa2 lagi. Dgn berat hati beli Tornado yg rem depannya dah cakram. Sampe sekarang masih berfungsi baik tuh Tornado 1996.
    Tapi dlm hati masih nyesel kenapa gak beli Shogun. Motor 4 tak pertama sijuki di Indonesia.

    Suka

     
    • mansarpost

      22 Januari 2015 at 8:39 pm

      Sama-sama legendanya Suzuki kang,, ane juga pertama kali belajar motor pake tornado,, jatoh pertama juga naek tornado… 😀

      Disukai oleh 1 orang

       
  4. Dwi

    23 Januari 2017 at 1:05 pm

    Tinggal kenangan..

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: