Iklan
RSS

CBR150 vs R15 – Penjualan November + Desember 2014 [AISI – Press Release “Dengan Catatan Tertentu”]

21 Jan

CBR150 vs R15 – Penjualan November + Desember 2014 [AISI – Press Release “Dengan Catatan Tertentu”]

Honda CBR150 vs. Yamaha R15Sales

MansarPost – Brosist sobat pembaca setia, saatnya kita membahas yang hangat-hangat niihh, mumpung blog lagi sepi… 😀 Beberapa minggu yang lalu pernah kita bahas penjualan CBR150 vs R15,, namun saat itu kita semua masih menunggu data AISI (rincian penjualan bulan November) yang rupanya tidak kunjung keluar rinciannya hingga kini CMIIW…

Data AISI Desember 2014 (Penjualan Bulan November),, CBR150 vs R15 akan Kita Mulai dari Sini….!!

Mansarpost juga mohon maap karena artikel duel penjualan duo fairing 150cc tersebut tertunda sampai dengan hari ini,, untuk itu perkenankanlah mansarpost untuk menyajikan duel penjualannya melalui artikel ini…

cbr vs r15

Honda CBR150 vs Yamaha R15

Mengutip data press release penjualan pihak Yamaha dan Honda yang mansarpost kutip dari blognya wak Haji Ringpiston disini dan disini,, diketahui hal-hal sebagai berikut :

  • Penjualan Honda CBR series selama tahun 2014 sebanyak 21.571 unit (ingat CBR series)
  • Penjualan Yamaha R15 selama tahun 2014 sebanyak 50.934 unit

Keterangan : Penjualan CBR tahun 2014 tersebut adalah penjualan CBR series (CBR150 + CBR250),, kita asumsikan bahwa penjualan CBR250 selama tahun 2014 adalah 1.000 unit,, karena memang kurang moncer juga, bahkan di Thailand sana sudah stop produksi

Naaaaahhh,,, sekarang kita mundur ke data AISI bulan-bulan sebelumnya (ada pada artikel di atas) dimana untuk bulan September dan Oktober 2014 penjualan CBR150 dan R15 adalah sebagai berikut :

Honda CBR150

Yamaha R15

Mei s/d Agustus

19.914 unit

September

4.412 unit

6.818 unit

Oktober

5.053 unit

6.826 unit

Jumlah s/d Oktober

9.465 unit

33.558 unit

Jumlah 2014

21.571 unit (CBR Series)

50.934 unit

Selisih = November dan Desember

12.106 unit

17.376 unit

Data penjualan Yamaha R15 dari bulan Mei hingga Agustus 2014 mansarpost kutip dari sini

Itu dia brosist,, karena tidak ada data detil rinciannya,, ya mau nga mau harus ditarik mundur dehh datanya… Sama satu lagi,, datanya penjualan CBR adalah penjualan CBR series,, dan berdasarkan kesepakatan asumsi kita di atas dimana asumsi penjualan CBR250 selama tahun 2014 adalah 1.000 unit,, maka penjualan Honda CBR150 untuk bulan November dan Desember 2014 adalah sebanyak 11.106* unit,, sedangkan Yamaha R15 sebanyak 17.376 unit… Selamat kepada Yamaha R15…

[Update] Penjualan Yamaha R15 bulan Desember sebesar 8.320 unit,, sooo berarti bulan Novembernya = 17.376 – 8.320 = 9.056 unit… (sumber)

Okkkee,, sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna…

BACA JUGA :

Iklan
 
28 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Januari 2015 in otomotif, Roda 2

 

Tag: , , , , ,

28 responses to “CBR150 vs R15 – Penjualan November + Desember 2014 [AISI – Press Release “Dengan Catatan Tertentu”]

  1. inline4

    21 Januari 2015 at 6:00 pm

    pas 1000 unit bozz?

    Suka

     
    • mansarpost

      21 Januari 2015 at 6:03 pm

      Itu asumsi penjualan cbr250 kang,, dulu sekitar bulan apa gitu, agustus apa september penjualannya kurang dari 100unit/bulan… Intinya CBR150 tetep kalah lumayan jauh penjualannya,, sekalipun CBR150 dan CBR250 penjualannya digabung…

      Suka

       
  2. inline4

    21 Januari 2015 at 7:12 pm

    iyo sih….lha desain sport honda terlalu kalem…gak sesuai dengan harapan konsumen sport indonesia, lain dengan matiknya yg desainnya sangat berani…lihat vario 150, desainnya mirip mv agusta yg banyak lekuk sexynya

    😀

    Suka

     
    • mansarpost

      21 Januari 2015 at 7:14 pm

      Iyyuup kang,, matik digembor abis, desain waah, fitur melimpah… Ehh sportnya malah kurang greget…

      Suka

       
  3. srei

    21 Januari 2015 at 7:46 pm

    Itu karena honda mengembangkan telnologi balap terbaru yang akan digunakan di motoGP, yaitu CSM (compact sport matic). ini sudah diaplikasikan pada motor sport BeAT

    Suka

     
  4. mansarpost

    21 Januari 2015 at 8:06 pm

    Denger sport matic jadi inget sama draft artikel,, kira2 kalo matic pake 150cc atau 250cc full performance,, itu bakal masuk kasta sport apa kasta matik ya…

    Suka

     
    • special1

      21 Januari 2015 at 9:17 pm

      Mungkin termasuk sport automatic clutch ( Naik turun gigi tanpa kopling ) 😀

      Suka

       
      • mansarpost

        22 Januari 2015 at 5:30 am

        Naaahh sport automatic clutch ini maksudnya penjualannya nanti bakal dimasukkan ke segmen sport apa matik ya,, khan kalo ke segmen sport lumayan tuhh buat nambahin volume penjualan di segmen sport… 😀

        Suka

         
  5. fifauzi

    21 Januari 2015 at 11:24 pm

    Sales CBR under R15 menurutku akibat keterbatasan kapasitas produksi AHM yg mentok…
    sport bisa aja dibanyakin, tapi ada line produksi matic yg dikorbankan… padahal tahun 2014 segmen sport stagnan lho!

    https://fifauzi.wordpress.com/2015/01/19/penampakan-honda-v-twin-torsi-super-badak-sudah-dijual-harga-18-juta-an/

    Suka

     
    • mansarpost

      22 Januari 2015 at 5:40 am

      Iyyuuup kang bener banget,, secara target-pun sebetulnya sang CBR150 ini sudah melebihi target (4.200 unit/bulan),, nanti dibahas di artikel selanjutnya saja… 😀

      Suka

       
  6. sukmahandayani56

    22 Januari 2015 at 12:00 am

    betull kang… jika ahm konsen di CBR otomatiss main line cb150 verza dan megapro jdi gk ssuai target plaining bulanan dong…
    nahh dgan caraa berbagi itulah maka semuanya akan tertutupi..

    di tunggu kalo gunung bak bawah air ato plant 5 krawang sudah mleduk baru..? pa sanggup yimm mengimbanginyaa..?

    pa lagi klo sampe ngekspor jugaa..
    bsa gulung tikar yimm

    Suka

     
  7. mansarpost

    22 Januari 2015 at 5:43 am

    Iyaaaapp,, bener bro-sist (panggilan sapu jagat 😀 ),, intinya sama dengan komentar diatas,, mungkin produksinya yang memang dibatasi oleh AHM,, IMHO makanya tidak bisa di-boost juga… Nanti dibahas di artikel selanjutnya saja,, masih draft… 😀

    Suka

     
    • Dankun

      22 Januari 2015 at 8:57 am

      Aku rasa jangan sampe AHM menguasai. FBH bisa ngerasain motor enak hi-tech kayak gini juga karena ada persaingan. Hilang persaingan ya siap2 aja motor under quality dg harga selangit. Lagian indo jg gak familiar dg Recall. Jadi jgn sampe konsumen yg jadi korban.

      Suka

       
      • mansarpost

        22 Januari 2015 at 6:27 pm

        Bener,, jangan sampai AHM terlalu dominan,, cukup 50%-50% aja,, biar persaingan membuahkan inovasi-inovasi keren…

        Suka

         
  8. raider 150

    22 Januari 2015 at 8:42 am

    Semakin banyak yg R15 berseliweran di jalan. Kyak NVL ad dmn2..

    Suka

     
    • mansarpost

      22 Januari 2015 at 1:00 pm

      iya kang,, tetangga ane, temen juga pake R15, dan beberapa ada yang CBR150 juga… 😀

      Suka

       
  9. damen

    22 Januari 2015 at 9:37 am

    asumsi kan..??

    kalo compre data jangan asumsi, sumber harus valid

    *apalagi kalo bikin skripsi/tesis,data cuma asumsi,bisa dihabisin dosen tuh..

    Suka

     
    • mansarpost

      22 Januari 2015 at 1:03 pm

      iya kang,, data penjualan CBR250 memang pakai “asumsi” untuk bisa menghitung penjualan CBR150,, so memang agak kurang valid, insyaAllah kalo nanti ada datanya bakal ane update…

      khusus untuk R15, semua datanya sudah oke kang (sudah diupdate),, sudah ada sumbernya masing-masing…

      Suwun atas koreksinya kang…. 😀

      Suka

       
  10. damen

    22 Januari 2015 at 9:42 am

    agak janggal dengan “asumsi” penjualan R15 di November dan Desember sebanyak 17.376 unit, mungkin saya salah,tapi kapasitas produksi R15 hanya sekitar 6800an unit –> data September dan Oktober,artinya apa?

    –> let say 17.376 selama 2 bulan, jadi tiap bulan 8600an unit kan?? la wong line produksi gak nambah,jam kerja ya tetap aja 3 shift, darimana bisa nambah hasil produksi R15 2ribu unit perbulan selama November-Desember..??

    logika saja deh.

    Suka

     
    • mansarpost

      22 Januari 2015 at 1:06 pm

      untuk penjualan Yamaha R15, semua datanya sudah perbulan kang,, jadi dari 17.376 unit itu,, yang bulan Desember 8.320 unit,, sehingga praktis sisanya (bulan November) sebanyak 9.056 unit… CMIIW..

      Suka

       
  11. fandi

    12 Maret 2015 at 2:03 pm

    Bila data yang Anda tampilkan ini benar adanya, maka data penjualan yang dapat disandingkan adalah data penjualan bulan September 2014 dan Oktober 2014 untuk kedua produk motor sport. Terlihat bahwa dari bulan September sampai dengan bulan Oktober 2014, ada kenaikan penjualan yang cukup signifikan dari Honda CBR150R, sementara Yamaha R15 dari September sampai Oktober 2014 penjualannya stabil. Sehingga dari sisi persaingan, penjualan Honda CBR dalam periode September hingga Oktober 2014 mengalami kenaikan yang cukup berarti dibandingkan dengan kenaikan penjualan Yamaha R15 yang penjualannya stabil dalam periode yang sama. Sangat menarik jika nanti dibandingkan dengan data bulan Februari sampai dengan Maret 2015, jika sudah tersedia. Ataupun November 2014. Karena data penjualan akhir tahun (Desember 2014) dan awal tahun (Januari 2015), kurang menarik untuk dibandingkan. Oleh karena secara umum konsumen menahan diri untuk melakukan pembelian kendaraan bermotor.Makasih.

    Suka

     
  12. mansarpost

    12 Maret 2015 at 2:57 pm

    Iyaaaapp,, mantap kang…

    Bulan September-Oktober penjualan CBR150 meningkat lumayan (10%an),, sedang R15 walaupun penjualannya lebih besar, tapi pertumbuhannya nyaris stagnan…

    Kita tunggu saja data2 penjualan bulan2 kedepan,, kalo ada datanya… 😀

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: