Iklan
RSS

Honda vs. Yamaha – Perjalanan Revolusi Desain Sepedamotor di Indonesia – Sport

10 Apr

Honda vs. Yamaha – Perjalanan Revolusi Desain Sepedamotor di Indonesia – Sport

Honda vs. Yamaha – Design Revolution – Sport Segment

MansarPost – Brosist sobat pembaca setia,, setiap pabrikan sepedamotor yang ada di dunia, sebagian besar pasti memiliki ciri-ciri khusus yang melekat pada produk yang dirilisnya.. Ada pabrikan yang terkenal dengan karakter sportnya, ada pabrikan yang terkenal dengan karakter keeleganannya, ada pabrikan yang terkenal dengan kegarangan desainnya, ada pabrikan yang terkenal dengan karakter seksinya dan lain sebagainya..

image

Di Indonesia sendiri, dari sekian banyak pabrikan sepedamotor yang ada pun demikian, pabrikan Honda terkenal dengan desain sepedamotornya yang cenderung universal, pabrikan Yamaha terkenal dengan karakter sporty dengan garis-garis tegas dan desain meruncing, pabrikan Suzuki terkenal dengan desain kalemnya dst..
Naaahh,, pertanyaannya sekarang,, apakah karakter yang ada tersebut akan terus terbawa hingga 10-20 tahun ke depan…?? Apakah suatu pabrikan akan keukeuh dengan desain yang cenderung begitu-begitu saja…??

image

Honda Tiger - Ciri Khas Desain Motor Honda

Yaaapp,, kalo menurut mansarpost, sebetulnya yang paling berperan atas perkembangan desain sepedamotor sebenarnya adalah konsumen sepedamotor itu sendiri.. Kenapa…?? Karena memang fokusnya adalah konsumen.. Sebetulnya bisa saja produsen/pabrikan menggiring kemauan konsumen seperti apa,, tapi itu hanya bisa terjadi dalam praktek monopoli saja,, di dalam pasar yang penuh persaingan, mustahil produsen dapat menggiring kemauan konsumen melalui produk-produknya..

image

Yamaha Old Vixion - Salah Satu Terobosan Desain Motor Sport

Dahulu,, saat pabrikan Honda terlalu mendominasi (segmen sport dan bebek pada awal dekade tahun 2000an), desain sepedamotor yang ada di pasaran cenderung tidak ada perubahan berarti,, nyaris hanya striping dan perubahan minor lain saja yang terjadi dari tahun ke tahun.. Kondisi pasar sebenarnya mungkin jenuh,, namun karena pilihan yang ada hanya itu, mau nga mau konsumen yang menerima apa yang ada saja.. Di saat yang sama, pabrikan Yamaha mencoba menggebrak dengan menawarkan sepedamotor dengan desain yang benar-benar baru.. Terus apa yang terjadi…?? Kondisi pasar berubah, konsumen berbondong-bondong beralih ke produk (dhi sport – Vixion) dengan desain fresh tersebut.. -pelajaran pertama-

Kondisi pasar terus berlanjut,, belajar dari apa yang sudah terjadi, pabrikan Honda membuat terobosan dengan membuat produk yang sedikit menawarkan warna baru kepada konsumen (CB150 SF).. Usaha ini sedikit membuahkan hasil gemilang, namun sayang, kondisi pasar sudah agak sedikit berubah, sehingga hasil gemilang tidak lagi memhampiri..
IMHO,, kondisi pasar saat itu menginginkan sepedamotor yang mempunyai cita rasa moge.. Hal ini ditandai melalui maraknya modifikasi sektor kaki-kaki (velg + ban) atas produk sport bawaan pabrikan.. Tanda lainnya adalah keinginan konsumen yang juga menginginkan tutup tangki ala moge (model rata)..

image

Honda CB150 StreetFire - Hadir dengan Desain yang Benar-Benar Baru

Lagi-lagi pabrikan Yamaha bergerak cepat.. Mencoba memenuhi keinginan konsumen,, klan Vixion mengalami facelift yang lumayan signifikan di sektor kaki-kaki dan body motor secara keseluruhan.. Lalu apa lagi yang terjadi…?? Yaaapp,, penjualannya booming melebihi capaian terbaik Vixion model lawas.. -pelajaran kedua-

image

Yamaha New Vixion Lightning - NVL hadir dengan membawa perubahan pada sektor kaki-kaki dan body

Pelajaran penting kembali terlihat bahwa untuk dapat menggapai hasil gemilang, reaksi cepat atas apa yang diinginkan konsumen mutlak diperlukan.. Dan kondisi ini terjadi saat ini dan masih akan terus berlanjut.. Menurut rumor dan bocoran yang berhembus,, konon kabarnya CB150 StreetFire facelift akan benar-benar all out jauh meninggalkan desain yang ada sekarang.. NVL facelift pun demikian,, spyshootnya pun sempat mengalir deras.. Satu hal yang agak berbeda adalah perkara timing peluncuran produk.. Jika sebelumnya Yamaha terlihat satu langkah di depan Honda (eg : saat CB150 lahir melawan Vixion, NVL lahir mengganti Vixion) maka kali ini startnya kemungkinan besar bisa bersamaan..

image

Spyshoot NVL Facelift

Yaaapp,, duel CB150 facelift dengan NVL facelift nanti, sepertinya adalah duel yang benar-benar fair, semuanya bisa dikatakan sudah benar-benar menyerap aspirasi konsumennya masing-masing..
Satu hal penting terkait ini semua yaitu,, ini adalah kondisi yang benar-benar menguntungkan konsumen,, benar-benar perang value yang berfokus akan konsumen,, sooo, biarkanlah hanya produk-produk ini saja yang berperang “penjualannya”,, konsumen tidak usah ikut-ikutan,, justru simbiosis mutualisme terjadi disini,, maksudnya adalah jika tidak ada lawan sebanding atas produk sport Yamaha,, bisa dipastikan sport Yamaha tidak akan seperti saat ini “value”-nya,, pun sebaliknya jika tidak ada lawan sebanding atas produk sport Honda,, bisa dipastikan sport Honda pun tidak akan seperti saat ini “value”-nya..

Soooo,, Revolusi Desain sepedamotor Honda dan Yamaha,, konsumen lah yang diuntungkan….!!!
Okkkee,, sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna….

BACA JUGA :

Iklan
 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 10 April 2015 in otomotif, Roda 2

 

Tag: , , ,

6 responses to “Honda vs. Yamaha – Perjalanan Revolusi Desain Sepedamotor di Indonesia – Sport

  1. doni

    10 April 2015 at 9:57 pm

    Pilih mana kang sampeyan jujur ae
    Kok sepi warunge iki

    Suka

     
    • mansarpost

      11 April 2015 at 7:05 am

      Ane pilih matik aja kang..
      Sportnya wes di dol.. 😀

      Iyaaapp,, maklum blog ecek2 kang,, akhir2 ini juga lagi jarang posting n blogwalking,, mudah2an suatu saat bisa rame.. 😀

      Suka

       
  2. sukmahandayani56

    12 April 2015 at 11:22 am

    melu ngramekakeee ahhh…

    Suka

     
  3. bennyardhi

    16 Mei 2015 at 2:49 pm

    Om lala dodolan motor?

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: