Iklan
RSS

Sisi Fungsional atas Teknologi dan Fitur yang ada pada Motor Honda di Indonesia [Opini]

14 Apr

Sisi Fungsional atas Teknologi dan Fitur yang ada pada Motor Honda di Indonesia [Opini]

Functional Side on Technology and Features Embedded in Indonesian Honda Motorcycles [Opinion]

MansarPost – Dewasa ini teknologi dunia otomotif di Indonesia telah banyak berkembang. Di segmen roda dua (sepedamotor), contoh teknologi yang saat ini berkembang adalah teknologi mengenai sistem pengabutan bahan bakar, teknologi mengenai sistem pengereman, teknologi mengenai material mesin dan teknologi-teknologi lain lengkap dengan istilahnya masing-masing. Inti dari semua teknologi tersebut pada umumnya adalah untuk mencapai beberapa sasaran utama, diantaranya yaitu : keselamatan pengendara, konsumsi bahan bakar yang efesien, minim perawatan, dan daya tahan mesin yang lebih lama (awet). Sayangnya, kebanyakan dari kita mungkin tidak tahu mengenai teknologi apa saja yang sudah kita manfaatkan dalam praktek kehidupan sehari-hari, dan teknologi apa saja yang ada dalam motor yang biasa kita gunakan. Kebanyakan dari kita mungkin juga hanya sebatas mengetahui istilahnya saja, tanpa mengetahui apa sebetulnya fungsi dari teknologi-teknologi tersebut.

Teknologi dan Fitur Motor-Motor Honda di Indonesia

Teknologi dan Fitur Motor-Motor Honda di Indonesia

Motor-motor yang diproduksi oleh Honda (Astra Honda Motor – AHM) di Indonesia, sebagian besar sudah mendukung teknologi-teknologi terkini dalam dunia otomotif sepedamotor. Teknologi pintar tersebut antara lain eSP (Enhanced Smart Power), PGM-FI (Programmed Fuel Injection), CBS (Combi Brake System), ISS (Idling Stop System), Answer Back System, dan LED Headlight. Selain teknologi ini, ada juga beberapa fitur penting lainnya yang dibenamkan pada beberapa motor Honda seperti Side Stand Switch, Parking Brake Lock, Helm-in Baggage, dan Power Charger. Untuk lebih memahami makna serta fungsi atas teknologi dan fitur-fitur tersebut di atas, berikut mansarpost blog sajikan penjelasan beserta fungsi yang melekat atas teknologi dan fitur tersebut berdasarkan sudut pandang pribadi mansarpost.

Honda Matic - eSP Engine

eSP Engine – Teknologi Matik Honda Global

 eSP – Enhanced Smart Power

Merupakan teknologi mesin terbaru dari Honda yang juga diterapkan secara global untuk menghasilkan mesin berperforma tinggi, efisiensi bahan bakar yang lebih baik, dan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Dari penjelasan ini, sudah terlihat jelas fungsi dari teknologi yang akan diterapkan pada semua lini motor matik Honda di tahun 2015 ini adalah untuk menggapai performa mesin yang tinggi namun dengan konsumsi bahan bakar yang efisien demi menghasilkan gas buang yang ramah lingkungan. Keunggulan lainnya terkait mesin eSP pada motor matik Honda bisa juga dilihat pada link berikut.

Komponen Pendukung Teknologi eSP

Komponen-Komponen Pendukung Teknologi eSP

Komponen pendukung teknologi ini adalah : 1. ACG Starter untuk suara mesin yang halus saat dihidupkan, 2. Offset Cylinder yang dapat mengurangi gesekan antara piston dengan dinding silinder, 3. Roller Rocker Arm yang dapat meminimalisir gesekan pada chamshaft dan mengurangi beban per klep, 4. Spinny Sleeve, yakni tekstur kasar/berduri sisi luar silinder/boring untuk menjaga bentuk lingkaran yang sempurna (bulat) pada dinding silinder dalam, 5. Squish untuk timing pengapian yang lebih baik dan dan pembakaran yang lebih cepat, dan 6. Tumble untuk penyebaran bahan bakar yang lebih merata di ruang bakar demi pembakaran yang lebih baik.

PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

Merupakan teknologi pengabutan bahan bakar yang dikendalikan secara elektronik sehingga pasokan bahan bakar dan udara (oksigen) dapat diatur secara tepat sesuai kondisi mesin. Cara kerja teknologi ini didukung oleh berbagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat control mesin yang berupa ECM (Engine Control Module) untuk kemudian memberikan perintah ke komponen pengabut bahan bakar agar dapat memasok bahan bakar dan udara yang sesuai untuk menghasilkan tenaga yang optimal namun tetap efisien dan dengan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Fungsinya sudah jelas, yakni terkait dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Sedangkan dalam kehidupan kita sehari-hari, fungsi yang bisa kita rasakan adalah minimnya perawatan mesin karena semua komponen bekerja sesuai dengan porsinya.

Teknologi PGM-FI Honda

Teknologi PGM-FI Honda

Teknologi yang dipelopori oleh Honda sejak tahun 2005 ini merupakan teknologi motor injeksi pertama di Indonesia melalui Honda Supra X 125. Kini, di tahun 2015 semua produk Honda sudah menggunakan teknologi PGM-FI ini.

CBS – Combi Brake System

Merupakan teknologi sistem pengereman pada skutik Honda yang menyesuaikan pengereman roda belakang dan depan secara optimal dimana ketika tuas rem ditarik (baik kiri maupun kanan), maka rem depan dan rem belakang secara otomatis akan bekerja secara bersamaan (combine/pengereman ganda) dan dengan komposisi tekanan rem yang sesuai (biasanya porsi di rem depan lebih besar).

Teknologi Combi Brake System (CBS) - Honda

Teknologi Combi Brake System (CBS) – Honda

Teknologi ini sangat berguna bagi motor matik yang notabene engine brake-nya lebih lemah dibandingkan motor-motor bebek, sehingga pengereman bisa dilakukan dengan baik, sekalipun dilakukan oleh pengendara pemula. Fungsinya terkait dengan keselamatan pengendara, sehingga berkendara menjadi lebih safety.

ISS – Idling Stop System

Merupakan fitur premium dari motor matik Honda yang awalnya dipelopori oleh Honda PCX. Teknologi ini terkait dengan komponen ACG Starter yang ada pada mesin dengan teknologi eSP. Didesain untuk efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih baik karena motor secara otomatis akan berhenti jika dalam keadaan diam (tidak bergerak) selama lebih dari 3 detik, dan untuk menyalakannya kembali, pengendara hanya tinggal memutar tuas gas. Fitur ini dapat diaktifkan cukup dengan menekan tombol ISS yang ada di sektor kemudi.

Teknologi Idling Stop System (ISS) - Honda

Teknologi Idling Stop System (ISS) – Honda

Fungsinya ditekankan pada efisiensi konsumsi bahan bakar karena berkurangnya bahan bakar yang terbuang percuma, terutama saat menunggu di traffic light, saat mengantri dalam sebuah antrian yang panjang dan pada saat kondisi kemacetan.

Answer Back System

Adalah sebuah sistem penjawab otomatis yang bekerja dengan menggunakan sinyal radio melalui remote yang menyatu dalam kunci utama yang sebelumnya hanya dimiliki oleh matik premium Honda, PCX. Dengan menekan remote tersebut dalam radius 20 meter, motor (melalui receiver) akan memberi tanda berupa suara dan disertai dengan nyala lampu sein depan dan belakang. Melalui fitur ini, kita akan dapat mengetahui secara tepat dimana motor diparkir, terutama di parkiran yang luas dan penuh akan motor-motor lainnya.

Teknologi Answer Back System - Honda

Teknologi Answer Back System – Honda

Fungsinya jelas, untuk memudahkan kita dalam hal pencarian posisi motor di kerumunan parkir yang sangat ramai.

LED Headlight

Adalah teknologi terbaru yang saat ini mulai dibenamkan pada motor-motor baru Honda. Teknologi lampu dengan menggunakan LED ini akan menghemat daya listrik motor namun dapat menghasilkan sorot lampu yang lebih terang dibandingkan lampu konvensional (model bulb). Umur pemakaiannya juga lebih lama dibandingkan lampu konvensional karena tingkat panas yang dihasilkan lebih rendah. Intinya teknologi LED headlight ini memiliki tingkat efisiensi yang baik.

Teknologi LED Headlight - Honda

Teknologi LED Headlight – Honda

Melalui tingkat pencahayaan yang lebih baik, maka jangkauan penglihatan pengendara juga bisa lebih baik. Hal ini sangat berguna ketika melewati rute dengan kondisi jalan berlubang karena lubang sudah bisa terdeteksi dengan jelas oleh pengendara. Selain itu, karena tingkat efisiensinya yang baik, maka biaya perwatan terkait lampu utama bisa lebih dihemat.

Side Stand Switch

Adalah sebuah fitur yang dapat mematikan mesin secara otomatis ketika standar samping diturunkan. Mesin motor akan tetap non aktif selama standar samping belum dinaikkan. Fitur ini bekerja karena adanya sebuah saklar otomatis di bagian standar dimana aliran listrik tidak akan mengalir ketika standar samping diturunkan.

Fitur Side Stand Switch Honda

Fitur Side Stand Switch (SSS) – Honda

Fitur sederhana ini sangat berguna bagi pengendara yang kerap lupa menaikkan standar samping ketika hendak mengendarai motor. Melalui fitur ini, keselamatan pengendara bisa lebih terjamin.

Parking Brake Lock

Adalah sebuah fitur rem tangan yang ada di sebelah kiri kemudi (di atas tuas rem) dimana tuas rem ini bisa dikunci sehingga mencegah roda untuk bergerak maju/mundur tanpa harus menahan tuas rem utama.

Fitur Parking Brake Lock Honda

Fitur Parking Brake Lock Honda

Fitur ini sangat berguna ketika motor berada pada permukaan yang miring (tidak datar), karena roda belakang dalam keadaan terkunci. Fitur sederhana terkait pengereman ini akan membuat berkendara semakin aman dan nyaman.

Helm-in Baggage

Adalah sebuah fitur dimana bagasi motor dibuat sedemikian besar sehingga mampu menampung berbagai barang dengan kapasitas yang lumayan besar. Contohnya adalah bagasi Honda Supra X 125 Helm-in yang memiliki kapasitas bagasi seluas 19,5 liter yang mampu menampung sebuah helm di dalamnya.

Fitur Bagasi Helm in Honda

Fitur Bagasi Helm-in Motor Honda

Fitur sederhana ini sangat berguna terkait dengan keamanan helm sang pengendara ketika ditinggal dalam waktu yang agak lama. Selain itu bagasi yang luas juga bisa untung menampung barang bawaan pengendara tanpa harus ditaruh di cantolan di dek tengah, sehingga barang yang dibawa akan lebih aman.

Power Charger

Adalah sebuah fitur sederhana yang ada pada motor Honda Supra X 125 terbaru. Letaknya ada di dalam bagasi utama. Fitur ini dapat mengisi baterai dari berbagai perangkat elektronik yang biasa kita bawa seperti ponsel, tablet, powerbank, kamera dan gadget lainnya dengan ukuran yang bisa ditampung bagasi.

Fitur Power Charger Honda Supra X 125

Fitur Power Charger – Honda

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang aktif beraktivitas melalui gadgetnya, karena socket power charger sudah tersedia tanpa harus mencari sumber listrik di tempat lain.

Itulah kiranya uraian terkait teknologi dan fitur yang ada pada motor-motor Honda di Indonesia (hondasmarttech). Di luar fitur-fitur yang sudah dijelaskan di atas, sebetulnya masih ada lagi fitur lainnya yang juga ada pada motor-motor Honda di tanah air seperti SKS (Secure Key Shutter) dan AHO (Automatic Headlight On). Fitur ini sengaja tidak mansarpost bahas karena keberadaannya yang sudah nyaris diterapkan pada sebagian besar motor-motor yang juga diproduksi oleh produsen sepedamotor lainnya, terlebih fitur AHO yang merupakan fitur yang diwajibkan oleh Pemerintah terkait kebijakan untuk menyalakan lampu utama di siang hari.

Honda Matic - One Heart

Honda Matic – One Heart

Sekian dari mansarpost, mohon dikoreksi jika ada kesalahan dan semoga berguna.

Lomba Blog Teknologi Pintar Honda

Lomba Blog Teknologi Pintar Honda

Iklan
 
7 Komentar

Ditulis oleh pada 14 April 2015 in otomotif, Roda 2

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , ,

7 responses to “Sisi Fungsional atas Teknologi dan Fitur yang ada pada Motor Honda di Indonesia [Opini]

  1. Maschun Sofwan

    14 April 2015 at 12:50 pm

    Ulasan yang sangat menarik, Hoda memang selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat indonesia 🙂

    Suka

     
  2. Kobayogas

    14 April 2015 at 1:30 pm

    ISS palingan dibilang kudu nyari lamer buat irit wkwkwkkw.. padahal fungsinya jauuhhh dari itu..

    Suka

     
    • mansarpost

      14 April 2015 at 1:35 pm

      Huahaha,, itu udah disebutin juga om, di antrian panjang, di kemacetan dll.. 😀

      Suka

       
      • Kobayogas

        14 April 2015 at 2:41 pm

        bukan sama sampeyan, sama sebelah sono noh hehehe…

        1 motor ber ISS mati di antrian parkir/ lamer/kemacetan/ pintu kereta mungkin gak ada hasilnya.. tapi coba bayangin 10-20 motor aja kayak gitu bersamaan… apalagi 50-100 atau ribuan

        Suka

         
      • mansarpost

        14 April 2015 at 3:31 pm

        Huahahaha,, kalo ane uda insyap ya om.. 😀

        Suka

         
      • Kobayogas

        14 April 2015 at 4:02 pm

        Engga tau ya wkwkkwk…

        Suka

         

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: