Iklan
RSS

[Opini] Seharusnya Ada Produk Mainstream Lain yang Menggunakan Velg Ukuran 13 inch, Buat Nemenin NMAX

27 Apr

[Opini] Seharusnya Ada Produk Mainstream Lain yang Menggunakan Velg Ukuran 13 inch, Buat Nemenin NMAX

Another Product with 13 inch Alloy Wheels – it is a Must..!! – Yamaha Scooter

MansarPost – Brosist sobat pembaca setia,, pesona skutik maxi Yamaha, NMAX 155 kini sedang naik daun, penjualannya terus meningkat seiring dengan semakin luasnya produk ini beredar di masyarakat.. Di bulan Maret lalu, penjualannya tercatat sebanyak 2.449 unit, angka yang cukup lumayan buat segmen skutik premium..

image

Yamaha NMAX - Edit Headlamp

Namun demikian, ini baru kondisi awal saja brosist, kita tidak tahu kondisi penjualannya nanti, apakah akan terus naik, stabil, atau bahkan menurun..?? Naaahh mumpung masih awal-awal, sepertinya tidak ada salahnya dehh kalo Yamaha terus memperkuat penetrasi sang NMAX ini, salah satunya di sektor ketersediaan spare part di sektor kaki-kaki..

Yaaap,, seperti kita ketahui bersama bahwasanya sang NMAX 155 mempunyai ukuran kaki-kaki yang berbeda dibandingkan skutik kebanyakan yang beredar di tanah air.. Ukuran ring dari velg (bisa juga disebut pelk) sang NMAX adalah 13 inch, sedangkan ukuran ring velg kebanyakan skutik yang ada di Indonesia adalah 14 inch.. Sekarang-sekarang siih spare part terkait kaki-kaki (velg dan ban) masih belum terlalu dibutuhkan, namun 1-2 tahun kedepan, spare part tersebut pastinya sudah mulai dicari, terutama ban..

Bagi konsumen yang rumahnya dekat dengan bengkel resmi (beres),, perihal ganti spare part mungkin tidak terlalu menjadi masalah, masalah muncul ketika keberadaan beres terbatas, kalopun mau ganti di bengkel-bengkel pinggir jalan, belum tentu juga mereka punya stok ban dengan ukuran 13 inch,, kenapa…?? Jelas, karena ukurannya yang nga mainstream, sedangkan bengkel pinggir jalan umumnya hanya menyediakan part yang mainstream saja..

image

Sektor kaki-kaki motor - Velg dan Ban

Coba dehh kita perhatikan, penjualannya tidak lebih dari 1% pasar skutik dalam negeri yang mencapai 400ribuan unit per bulan CMIIW.. Dengan pangsa pasar yang sekecil ini, produsen ban dan velg tentu akan berpikir seribu kali sebelum memutuskan untuk memproduksi ban dan velg dengan ukuran yang anti mainstream, sekalipun diproduksi, mungkin hanya sebagai pelengkap, jumlahnya di pasaran tidaklah seberapa.. Mirip dengan ukuran ban cacing sebetulnya, dan pengguna ban cacing pun sudah mengerti akan hal ini, makanya sebagian besar doi sudah sedia ban dalam ukuran 200, buat jaga-jaga dikala ban dalam pecah di tengah jalan..

Salah satu jalan keluarnya adalah dengan memproduksi skutik lain dengan ukuran kaki-kaki yang sama untuk menemani keberadaan sang NMAX,, akan semakin bagus kalo yang menemaninya adalah produk mainstream.. Alasannya jelas, untuk membuat kaki-kaki ukuran ring 13 inch menjadi sedikit lebih mainstream, harapannya agar para produsen ban dan velg bisa lebih mempertimbangkan untuk dapat memproduksi ban dan velg ukuran ring 13 menjadi lebih banyak di pasaran,, pokoknya semakin mainstream, semakin bagus laahh.. Kalo nga begini, ya brati ganti kaki-kaki benar-benar harus mengandalkan beres, itupun kalo barangnya ada, kalo nga ada…?? Ya ngindent.. 😀

image

Velg ring 13 NMAX - Ukurannya Anti Mainstream alias jarang

Sooo, kaki-kaki ukuran 13 inch, sepertinya harus dibuat mainstream dehh, banyakin produk dengan ukuran kaki-kaki yang sama..
Okkkee,, sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna..

BACA JUGA :

Iklan
 
11 Komentar

Ditulis oleh pada 27 April 2015 in otomotif, Roda 2

 

Tag: , , , , , , , ,

11 responses to “[Opini] Seharusnya Ada Produk Mainstream Lain yang Menggunakan Velg Ukuran 13 inch, Buat Nemenin NMAX

  1. Kobayogas

    27 April 2015 at 8:18 pm

    Banyakin dr merek yg sama kah?

    Suka

     
  2. Eko Ffrabowo

    28 April 2015 at 5:28 am

    Kalau sudah inden alamat motor bakal istirahat di garasai

    Suka

     
    • mansarpost

      28 April 2015 at 6:14 am

      Naaah itu kang,, kalo ganti bannya sekedar karena aus, mungkin masih bisa dipake..
      Kalo misal velg yg rusak/pecah atw ban sobek, baru dehh nga bisa dipake (istirahat di garasi)..

      Suka

       
  3. AquariuZ Aquaristik

    28 April 2015 at 11:27 am

    Wah ternyata ukuran 13″ ya…. Memang blom mainstream y… soalnya vespa juga g sampe segitu… harus sedia cadangan di rumah y kalo ada sesuatu… Tapi terima kasih y Bang Mansar

    Suka

     
    • mansarpost

      28 April 2015 at 2:10 pm

      Iya 13 inch kang,, untung aja udah tubeless, jadi nga terlalu khawatir, cuma ya itu pas mau ganti ban nga semua bengkel sedia, kudu bener2 ngandali beres..

      Suka

       
      • AquariuZ Aquaristik

        28 April 2015 at 10:50 pm

        iya maka itu kang mansar, beli ini kudu beli “payung” juga. Thanks

        Suka

         
  4. ghost'sokan

    28 April 2015 at 12:59 pm

    Jd ky motor antiq antimenstrim yak…
    Makin langka makin exclusive dijalanan😆. Beda nya motor antiq kualitas material/durabel nya jempolan &yg hobi “motor antiq anti motor plastik’ sdh teruji pasion nya😎. Kalo motor2 jmn skrg!!..sangat meragukan😩

    Suka

     
    • mansarpost

      28 April 2015 at 2:08 pm

      Risikonya spare part nya juga anti mainstream ya (jarang tersedia)..

      Iya,, body motor sekarang lebih banyak yg pake bahan plastik karena ringan, tapi ya itu, kalo tipis jadi kayak ember.. 😀

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: