Iklan
RSS

Berita Buruk Bagi Penggemar Ninja 250, R25, CBR250 dan Motor 250cc Lainnya – Pajak Motor 250cc Bakal Naik…!! [Update] yang Naik Kubikasi diatas 250cc..

12 Mei

Berita Buruk Bagi Penggemar Ninja 250, R25, CBR250 dan Motor 250cc Lainnya – Pajak Motor 250cc Bakal Naik…!! [Update] yang Naik Kubikasi diatas 250cc..

Luxury Tax of Motorcycle – 250cc

MansarPost – Brosist sobat pembaca setia,, tahu nggak kenapa motor 300cc kurang berkembang di Indonesia…?? Yaaa,, salah satu faktor yang paling menghambat perkembangan motor kelas 300cc adalah perkara pajak, dimana dalam hal ini tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang dibebankan pada motor diatas 250cc hingga 500cc adalah sebesar 60%..

image

Tarif Pajak Barang Mewah - PPnBM

Performa tidak jauh berbeda dibandingkan motor 250cc,, namun harganya jauh membengkak jika dibandingkan motor kelas 1/4 liter (kubikasi s.d 250cc PPnBM = Nol),, sooo daripada menjual motor 300cc, mending 250cc toohh, makanya pasar motor kelas 300cc agak kurang berkembang di Indonesia..

Namun demikian,, sepertinya kondisi tersebut akan segera berubah brosist, bukan berubah menjadi lebih baik, melainkan jauh lebih buruk (bagi konsumen) karena ruang lingkup barang yang dianggap barang mewah rencananya akan diperluas.. Bagi kendaraan roda dua, kendaraan dengan kubikasi 250cc kedepannya juga akan masuk dalam cakupan barang mewah ini..

image

Ninja RR Mono 250cc - Akan terkena dampak PPnBM

Yaaapp,, mengutip pemberitaan dari otomotifnet.com (klik disini),, motor dengan kubikasi 250cc nantinya tidak hanya dikenakan tarif PPnBM, namun juga termasuk PPh sebesar 5%..

image

Pasar Motor Sport Fairing 250cc di Indonesia

Sungguh pukulan telak bagi para penggemar motor-motor kelas 250cc, terutama sport.. Saat aturan ini nantinya diterapkan, maka harganya kemungkinan besar akan melonjak lumayan besar brosist.. Dan yang lebih parah lagi, IMHO peta persaingan motor-motor sport fairing nantinya akan benar-benar berubah.. Dengan harga yang semakin mahal,, otomatis ceruk pasarnya pun akan semakin kecil,, dan jika pasarnya semakin kecil,, maka kemungkinan pabrikan untuk memproduksi motor kelas 250cc secara lokal juga semakin kecil tooohh..

image

Yamaha MT25,, Belum dirilis sudah dihantam badai PPnBM

Sooo,, harapan akan New Honda CBR250 lokal, Yamaha XMAX 250 lokal dan motor-motor kelas 250cc lainnya yang belum diproduksi secara lokal sepertinya akan sulit terwujud deehh.. Dan bagi calon konsumen yang hendak meminang motor dengan kubikasi 250cc, kayaknya harus cepat-cepat ambil keputusan dehh, sebelum harganya benar-benar naik..
FYI,, peraturan ini (Peraturan Menteri Keuangan Nomor 90/PMK.03/2015) akan diberlakukan 30 hari setelah peraturan ini diterbitkan pada 30 April 2015.

[Update] Setelah membaca peraturannya langsung, ternyata yang naik itu kendaraan roda dua dengan harga diatas 300juta atau dengan kubikasi diatas 250cc.. Berikut bunyi pasalnya..
Pasal 1 ayat (2) huruf f :
Kendaraan bermotor roda dua dan tiga dengan harga jual lebih dari Rp300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) atau dengan kapasitas silinder lebih dari 250cc.

Dan ternyata kategorinya bukan Barang Mewah, tapi Barang Sangat Mewah sehingga kena PPh 22 sebesar 5%.. Jadi yang naik itu motor dengan kubikasi diatas 250cc dan kenaikan pajaknya ya PPh pasal 22 itu..
Mohon maap atas kekeliruan sebelumnya brosist..

Okkkee,, sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna..

BACA JUGA :

Iklan
 
43 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Mei 2015 in Ekonomi, otomotif, Roda 2

 

Tag: , , , ,

43 responses to “Berita Buruk Bagi Penggemar Ninja 250, R25, CBR250 dan Motor 250cc Lainnya – Pajak Motor 250cc Bakal Naik…!! [Update] yang Naik Kubikasi diatas 250cc..

  1. Indomoto

    12 Mei 2015 at 8:10 pm

    weleh . . . gak jadi beli dah

    Suka

     
  2. becak

    12 Mei 2015 at 8:44 pm

    Makin menggila aja ne indonesia..

    Suka

     
    • mansarpost

      12 Mei 2015 at 9:03 pm

      Ada sedikit update kang,, ternyata yg naik itu motor dengan kubikasi diatas 250.. Naik karena ada tambahan pajak PPh pasal 22 sebesar 5%..

      Suka

       
  3. java36

    12 Mei 2015 at 8:53 pm

    Buset kemaruk amat yak. Pajak dari mbit sama piksen kan udh banyak bgt :v

    Suka

     
    • mansarpost

      12 Mei 2015 at 9:05 pm

      Update kang,, yang naik ternyata kubikasi diatas 250cc, naik karena ada tambahan pajak PPh pasal 22 sebesar 5%.. Kayaknya sumbernya juga salah tafsir tuh, baru ketahuan setelah baca peraturannya langsung..

      Suka

       
      • java36

        13 Mei 2015 at 5:33 am

        Bagus lah pakde 😀

        Suka

         
      • mansarpost

        13 Mei 2015 at 5:44 am

        Kasian moge Honda niih,, brosur yg kemaren bocor bisa jadi bakal direvisi..

        Suka

         
      • java36

        13 Mei 2015 at 5:50 am

        Yg kasian yg 500cc pakdhe 😀

        Suka

         
      • mansarpost

        13 Mei 2015 at 6:01 am

        Iya kang,, sepertinya harga moge honda yg kemarin sempat bocor akan sedikit terkoreksi niih.. Makin ngimpi aja dah meh punya moge nanggung.. 😀

        Suka

         
    • mansarpost

      12 Mei 2015 at 9:12 pm

      Update kang,, yg naik kubikasi diatas 250cc.. 😀

      Suka

       
  4. antok

    12 Mei 2015 at 9:29 pm

    Alhamdulillah kalo pajak naik kang. Sebagai penunggang ninja saya gak begitu mikirin pajak,soale para penunggang ninja orang berduit semua. Gak ada ninja isi premium. Maaf bukannya sombong,Ninja gitu loh,,,salam biker Ninja di seluruh indonesia

    Suka

     
    • mansarpost

      12 Mei 2015 at 9:33 pm

      Salam biker juga kang.. Ada sedikit update kang, yang pajaknya naik ternyata untuk kubikasi diatas 250cc, dan sepertinya batas 250cc masih lolos..

      Mantaap kang kalo nga isi premium,, memang sudah seharusnya, lagipula premium kurang cocok buat kompresi ninja yang tinggi..

      Suka

       
  5. danisubject

    13 Mei 2015 at 6:29 am

    wah … moge mahal . tambah pajak super mahal …. bakal makin banyak motor bodong ga ya ….

    Suka

     
    • mansarpost

      13 Mei 2015 at 6:35 am

      Dikhawatirkan demikian,, mending kalo cuma bodong ya, lhaaa ini mah biasanya moge bodong belagu, sook nguasai jalanan..

      Suka

       
      • danisubject

        13 Mei 2015 at 6:41 am

        nah itu .. bodong sebenernya sih ga papa … asal ga belagu .. sebenernya asik juga kalo punya moge. . bodong . tapi harus hati hati … ketemu polisi 😀

        Suka

         
      • mansarpost

        13 Mei 2015 at 6:45 am

        Jiiiaaahh.. Enaknya buat di dalam kota aja, buat kongkow kongkow.. Kalo dibawa keluar kota banyak razia di perbatasan..

        Suka

         
      • danisubject

        13 Mei 2015 at 7:40 am

        ya gitu 😀 . kalo mau pindah kota … motor di pretelin dulu .. abis itu di pasang lagi di tempat tujuan .

        Suka

         
      • mansarpost

        13 Mei 2015 at 8:21 am

        Huahaha,, udah apal triknya euy.. 😀

        Suka

         
      • danisubject

        13 Mei 2015 at 9:43 am

        pernah baca 😛 . cara masukin ke Indonesia pun juga gini caranya …

        Disukai oleh 1 orang

         
  6. Alfha

    13 Mei 2015 at 9:25 am

    Yang 249cc yaa woles ajah, hehehey

    Suka

     
  7. cecep

    30 Mei 2015 at 11:08 am

    yang kena itu diatas 250 cc kang… jd kelas 250cc g termasuk

    Suka

     
    • mansarpost

      30 Mei 2015 at 11:23 am

      Iya kang,, sudah diupdate, yg 250cc masih aman terkendali.. 😀

      Suka

       
  8. muhammadfachrulrizal@yahoo.co.uk

    4 Agustus 2015 at 2:12 pm

    waaah…mikir2ne mau beli warrior

    salah2,melarat ne dompet..

    wkwkwkwkwkwk

    Suka

     
  9. Asep

    18 Agustus 2015 at 12:55 pm

    Masa sih……..
    Perasaan yang 250 CC masih seperti biasa, udah jelas tulisannya di atas 250CC berarti 250 CC itu gak termasuk, hadeeeeuhhhh…….

    Suka

     
    • mansarPost

      18 Agustus 2015 at 2:33 pm

      Bener kata akang,, jadi dulunya ane salah tafsir informasi (link yg ane rujuk juga salah tafsir rupanya).. Tapi belakangan udah ane update juga kok kang, sekalian bunyi pasalnya ane cantumin..

      Suka

       
  10. dhyanse

    20 September 2015 at 11:31 am

    Ane penunggang n250fi juga kang.
    kmaren juni 2015 ane dah pajak pertana motor ane. Ehh ttp kena naik juga jatuh di angka 865K.non progresif…
    Ane croscek sama tukang pajaknye di samsat jakbat mmg naik 30%untuk form A. Nah yg bener yang mane yak?
    sebennernye bgimane ini di atas 250cc aja atau 250cc ikut naik yak …???

    Suka

     
    • mansarPost

      20 September 2015 at 4:14 pm

      Yg naik yg di atas 250cc aja kang, itupun bukan ppnbm nya, tapi ada tambahan pph.. Udah coba kroscek ke sesama penunggang Ninja juga kang? Soalnya motor CBU harga NJKBnya lumayan mahal, sooo PKB nya juga jadi ikut mahal..

      Suka

       
  11. Eko

    13 November 2015 at 7:04 pm

    Yang jadi pertanyaan untuk menteri keuangan,,apa yg menyebapkan pajak sampai sedemikian besar?Di lihat dr mananya jika sebuah sepeda motor di anggap sebagai barang mewah,jika melihat dr Ukuran kubikasi motor yg hanya 250cc,sedangkan banyak berkeliaran mobil2 yg amit2 banyaknya,yg beredarnya ja d biarkan tanpa batas,yg tiap hari bikin saya nyumpahin gara2 bikin macet,apakah mereka jg terkena pajak yg besar??Alasan yg ga rasional menurut saya jika duit rakyat lagi2 di peras dengan alasan pajak lantas setelah itu di makan sama anjing2 koruptor,jalan2 para wakil rakyat yg ga jelas tujuanya,,daya beli masyarakat lagi2 di hambat dengan alasan barang mewah,,ga suka betul si lihat rakyat naik kehidupan ekonominya,,,,

    Suka

     
    • mansarPost

      14 November 2015 at 9:50 pm

      Mungkin maksudnya mau meningkatkan pendapatan pajak,, padahal nggak signifikan.. yang ada malah itu,, yg mau naik kelas jadi tertahan, seperti yang dikatakan akang..

      Suka

       
      • ricky

        22 November 2015 at 11:45 pm

        Kang, kan gue rencana mau yang 250cc nie di bulan desember. Kira berapa yang kang kalo harga pajak di jakarta. Dalam hitungan rupiah kang

        Suka

         
  12. Kalla

    10 Desember 2015 at 9:46 am

    negara gila emang

    Suka

     
  13. ridwan

    15 Januari 2016 at 5:37 pm

    225 busi kiri tetep jaya

    Suka

     
  14. Rizal

    20 Januari 2016 at 11:03 pm

    Kalau gw sih malah mendukung aja sama kebijakan ini. Emang udah saatnya kendaraan pribadi yg mahal itu bayar pajak lebih besar. Yang pada protes aja, ngaca dong. Enak2an pakai barang mahal, tapi mana sumbangan yg lebih besar buat negara? Katanya cinta Indonesia? Tunduk dong sama aturan pajak dengan penuh kerelaan. Jangan berdalih curiga bakal dikorup pejabat2. Cuih, semua juga ada aturannya. Dipikir korupsi itu gampang banget apa? Bilang aja lu mau ngelés bayar kewajiban.
    (FYI: gw bukan orang pajak)

    Suka

     
    • rendy

      24 November 2016 at 3:15 pm

      goblok ente.harus bayar pajak mahal” malah seneng. ente mau sampe harus tidur doang dikenain pajak? ane setuju aja pajak itu wajib, tapi sekarang indonesia bisanya ngandalanin income dari pajak. jangan sembarangan apa” dikenain pajak, ini itu dikenain pajak. negara jadinya cuman bisa “malakin” rakyat supaya income bagi negara. kasian yang kehidupan ekonominya kelas menengah ke bawah. klo tambang” di indonesia di nasionalisasikan, krus rupiah bisa turun drastis, income negara juga tinggi, pajak bisa turun. btw gak percaya ane ente bukan orang pajak. yg ngomong begini biasanya orang pemerintahan

      Suka

       
  15. Punk_rock_rider

    7 Oktober 2016 at 6:51 pm

    Anjier…. ane Mau Dibeliin KTM RC250 ama Bapak ane tapi…. Pajak nya sih Bapak ane yang ngurusin. dan Paling lah PALING kalo di pajak kan jadi 400rb-800rb untung aja bapak ane berduit….. ( gak niat sombong mas ) dan OTR motornya 52jt dan bapak ane duitnya banyak lah… ( bukan pejabat sih cuman direktur cabang )

    Suka

     
    • Punk_rock_rider

      7 Oktober 2016 at 6:52 pm

      *bukan dibeliin tapi minta

      Suka

       
  16. Ade

    23 Oktober 2016 at 4:12 pm

    rata – rata yang punya ninja 250 pasti kalangan kelas atas, jadi ga masalah kayaknya
    http://otodrift.com/20-konsep-modifikas-nissan-grand-livina-terbaru/

    Suka

     
  17. rendy

    24 November 2016 at 3:45 pm

    sekedar pendapat aj, ane paling jengkel banget yg komen disini dukung wajib pajak disini dukung amnesti pajak, ini itulah. gak nyadar susahnya keadaan rakyat menengah kebawah indonesia sekarang di pemerintahan sekarang. ngomong gampang banget motor sedemikian rupa dianggap barang mewah. mungkin pemerintah/orang” yang ngomong kyk gitu saking bencinya sama pengguna motor, karena motor dianggap biang macet. lah sekarang gak liat yang makin banyak tuh mobil disana sini. lekuk ukuran mobil sekarang juga makin besar dibanding tahun 90an dulu, mungkin sengaja dibikin besar supaya menyusahkan pengguna motor lewat klo lagi macet. maaf aj tapi menurut saya pemerintah sekarang bisanya malak rakyat dari pajak. sedikit” hal yg paling kecil pun dikenain pajak. kenapa…krn pemerintah gak berani menasionalisasikan tambang”nya. tambang” indonesia dikuasai semua sama pihak asing

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: