Iklan
RSS

Yamaha Lebih Memilih Segmen Matik Premium dibanding Ayago 150cc – Yaaapp,, MX King dan NMAX Adalah Pilihan yang Paling Rasional..

11 Jun

Yamaha Lebih Memilih Segmen Matik Premium dibanding Ayago 150cc – Yaaapp,, MX King dan NMAX Adalah Pilihan yang Paling Rasional..

Hyper Underbone Moped vs. Premium Scooter – 150cc

MansarPost – Brosist sobat pembaca setia,, ketika kita dihadapkan pada suatu pilihan yang sulit, maka hal pertama yang harus dikedepankan adalah rasionalitas.. Yaaapp,, pertimbangan untung-rugi cenderung dikedepankan dibanding penilaian yang subjektif.. Pertimbangan ini biasanya menjadi penentu dipilih atau tidaknya suatu pilihan, mana yang memberikan keuntungan yang lebih banyak, mana yang paling kecil risikonya, mau tidak mau itu yang harus dipilih..

Dalam dunia organisasi, pilihan sulit kerap kali datang ketika perusahaan hendak memilih strategi bisnis yang paling prioritas.. Walaupun semua pilihan strategi yang ada itu bagus, tidak semua strategi tersebut bisa dipilih, hanya strategi yang paling masuk akal saja lahh yang biasanya lolos untuk diaplikasikan secara nyata..

image

Ilustrasi MX King 150 model ayam jago (hyper underbone)

Di dunia otomotif, salah satu contoh dilema pilihan ini adalah pertimbangan untuk “terjun atau tidak” di kelas motor bebek hyper underbone (ayam jago) 150cc.. Yaaapp,, dilema ini mungkin dialami oleh pabrikan sepedamotor Yamaha.. Dilema terjadi karena kelas bebek 150cc Yamaha sudah memiliki MX King 150.. Apakah segmen hyper underbone (ayago) harus digarap juga..?? Dilema semakin menjadi-jadi ketika rival utamanya Honda dikabarkan akan segera terjun di kelas ini karena mereka menganggap potensi pasar di kelas ini lumayan besar..

Yaaapp,, bisa dikatakan dilemanya adalah “gengsi” vs. “kebutuhan”.. Gengsi karena Honda ada disana.. Sedang dari sisi kebutuhan, ya butuh nga butuh,, soalnya sudah ada MX King 150 di kelas bebek.. Kalo pun misalnya terjun di kelas ayago, terus nanti produksinya berjalan beriringan dengan MX King atau justru mereplace positioning MX King…?? Kalo berjalan beriringan, dikhawatirkan pasarnya akan saling makan.. Mereplace positioning MX King pun merupakan suatu pertaruhan besar, pasarnya sudah ada dan sudah terbentuk baik kok malah diacak-acak,, ya tooohh..

image

Honda Sonic 150, kehadirannya dikhawatirkan bisa merusak pasar MX King 150

Naaahh melalui pertimbangan-pertimbangan tersebut di atas, pilihan yang paling realistis dan paling baik pertimbangan untung-ruginya adalah tidak berbuat apa-apa, tidak terjun di kelas ayago maksudnya.. Perihal gengsi karena Honda akan bermain disana mah urusan gampang, selama powernya nanti masih bisa head to head mah masih bisa bejaban laahh,, nga usah takut semua konsumen MX King akan beralih ke Sonic 150.. Apalagi harga MX King masih lebih kompetitif dibandingkan produk ayago yang kini ada di pasar, sooo secara penjualan juga masih berani diadu.. Kelebihan MX King lainnya adalah modelnya yang IMHO masih sedikit lebih fungsional dibandingkan model sepedamotor ayam jago.. Dengan model yang seperti ini, justru cakupan pasarnya bisa lebih luas, secara fungsional bisa menggaet pasar bebek, secara performa pun bisa menggaet pasar ayago..

Akan sangat bijak jika dana yang tersedia untuk ekspansi pasar bisa ditujukan ke segmen lain yang lebih memerlukan.. Sesuai apa yang mansarpost kutip dari TMCblog (klik disini), sepertinya Yamaha memang lebih tertarik untuk mengembangkan pasar NMAX ketimbang segmen ayago 150cc.. Jelas pilihan ini memang jauh lebih realistis dan paling masuk akal.. Alasannya jelas, pasarnya kini sudah bisa digenggam erat, akan lebih baik tentunya jika cengkeraman di segmen ini semakin diperkuat lagi.. Caranya bisa dengan menerapkan strategi diversifikasi produk, bisa melalui NMAX non ABS, bisa juga dengan menelurkan skutik MAX series lainnya, XMAX 250 mungkin (tapi pasarnya lebih kecil)..

image

Segmen skutik premium 150cc lokal, harus benar-benar digarap sebelum kompetitor masuk

Intinya siiih dasar perumusan strategi seyogyanya dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan yang bersifat rasional, bukan karena gengsi semata..!!
Okkkee,, sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna..

BACA JUGA :

Iklan
 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Juni 2015 in Opini Otomotif, otomotif, Roda 2

 

Tag: , , , , , , , , ,

5 responses to “Yamaha Lebih Memilih Segmen Matik Premium dibanding Ayago 150cc – Yaaapp,, MX King dan NMAX Adalah Pilihan yang Paling Rasional..

  1. ardiantoyugo

    11 Juni 2015 at 4:14 pm

    menanti Nmax non abs… sepertinya ngeri ngeri sedep nih… sambil siap siap tabungan… wkwkwkwk…

    Antara bebek sport VS ayago: http://wp.me/p1eQhG-1dk

    Suka

     
    • mansarpost

      11 Juni 2015 at 4:29 pm

      Yang bikin galau kalo keluarnya bareng Sonic 150.. ūüėÄ

      Suka

       
  2. yaudah

    11 Juni 2015 at 11:06 pm

    Imho ya untuk bebek menurut ane mx150 ini dari tengah sampe pantat paling seksi
    coba jadi ayago… beuhhhh suara khas nya r15 pula

    Suka

     
  3. lombokceplus

    12 Juni 2015 at 3:55 pm

    Knalpot kurang dinamis dg body, tp gagah

    https://lombokceplus.wordpress.com

    Suka

     
    • mansarpost

      12 Juni 2015 at 4:04 pm

      Beli bang,, tuker tambah sama Vario.. ūüėÄ

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: