Iklan
RSS

Hal Sepele yang Kerap Diabaikan saat Bongkar-Pasang Busi : Mengencangkan terlalu Kuat,, Lepas Busi saat Mesin Panas,, Mencopot Ring Busi,, dll..

13 Jun

Hal Sepele yang Kerap Diabaikan saat Bongkar-Pasang Busi : Mengencangkan terlalu Kuat,, Lepas Busi saat Mesin Panas,, Mencopot Ring Busi,, dll..

About Motorcycle Spark Plugs

MansarPost – Brosist sobat pembaca setia,, busi aka spark plug adalah salah satu komponen vital motor yang berfungi sebagai pemantik api di ruang bakar.. Berdasarkan fungsinya ini, tidak heran ketika motor mogok, busi selalu menjadi komponen yang pertama kali dikambing-hitamkan.. 😀

Yaaapp,, busi merupakan salah satu komponen yang lumayan akrab dengan masyarakat, lumayan banyak yang tahu mengenai letak dan fungsinya, sekalian dia adalah orang awam.. Pabrikan sepedamotor sendiri biasanya sudah menyediakan kunci busi dalam paket perkakas (toolkit) yang diberikan secara default ketika kita membeli sepedamotor.. Asumsinya konsumen dianggap “bisa” untuk sekedar melepas dan memasang busi kendaraannya sendiri tanpa bantuan bengkel resmi, cukup petunjuk dari buku panduan saja..

image

Busi (spark plug) - komponen mesin yang berfungsi sebagai pemantik api

Yaaahh,, perkara bongkar-pasang busi memang merupakan hal yang sepele, namun demikian tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan, jangan sampai diabaikan, pastikan semua kondisi yang disyaratkan telah terpenuhi semuanya.. Berikut beberapa perkara yang kerap diabaikan terkait bongkar-pasang spark plug..

Mengencangkan Busi Sekuat-Kuatnya
Yaaapp,, drat pada lubang busi itu agak berbeda dengan drat pada bagian body.. Jika “pemaksaan” dilakukan pada baut body maka ulir yang cenderung akan slek/dol/aus adalah drat bautnya.. Beda dengan drat busi, material busi cenderung lebih kuat dibandingkan lubang drat pada blok head yang terbuat dari bahan yang lebih empuk (alumunium),, sooo ketika busi dikencangkan sekuat tenaga, yang ada drat lubang busi akan slek.. Lhaa kalo udah slek, repot urusannya brosist, harus bongkar mesin (bagian head), mbenerinnya juga kudu di tukang bubut, bengkel biasa mah ora iso coyy.. 😀

Melepas Busi saat Mesin masih Panas
Naaahh,, lumayan sering terjadi niih.. Biasa terjadi karena alasan “waktu sempit”, sehingga bongkar busi dilakukan tanpa menunggu kondisi mesin adem/dingin dulu.. Padahal saat mesin panas, secara tidak kasat mata sebetulnya doi mengalami pemuaian.. Naaahh bongkar-pasang busi saat mesin memuai resikonya juga bisa membuat drat pada lubang busi cepat dol.. Ingat,, tingkat kekencangan yang ideal itu hanya bisa dicapai saat mesin dingin, minimal hangat laah..

image

Ring busi, di bagian bawah ulir, jangan dicopot, bahaya..

Mencopot Ring Busi
Yaaaps, khusus yang ini biasanya dilakukan oleh mereka yang sudah lumayan ngerti motor brosist.. Biasanya mereka percaya bahwa dengan melepas ringnya, busi akan lebih kencang terpasang karena lebih masuk ke dalam.. Bahkan mitosnya hal ini bisa rasio kompresi mesin (secara teori hitungan memang bisa, tapi pengaruhnya kecil).. Padahal jika elektroda busi terlalu masuk ke dalam ruang bakar, hal ini akan berpotensi untuk menyenggol gerakan buka-tutup klep (valve).. Kalo udah nyenggol, klep bisa bengkok, elektroda busi pun bisa patah di dalam ruang bakar, bisa juga nantinya kena dinding silinder, dan lain-lain lahh, efeknya bisa berantai..

Hal-hal lain yang biasa terjadi seputar bongkar pasang busi adalah kurang kencang dalam memasang busi.. Efek yang paling mengerikan dari kondisi ini adalah busi bisa terpental karena tak mampu menahan besarnya kompresi di ruang bakar.. Sama halnya ketika drat lubang busi sudah slek/dol/aus tapi tetap dipaksa bekerja,, beberapa saat mungkin motor masih bisa jalan, namun ketika busi tidak lagi mampu menahan tekanan dari ruang bakar, maka busi akan terlontar keluar.. Bahaya loooh kalo kena kaki pengendara lain..

FYI,, mengencangkan busi itu cukup sampai skala “kencang” saja, jangan sampe kurang, jangan sampe lebih juga.. Caranya pertama putar busi dengan menggunakan tangan hingga tidak bisa lagi diputar (ingat, tidak bisa diputar ini maksudnya pake tangan looh, bukan pake kunci).. Langkah selanjutnya kencangkan dengan menggunakan kunci busi hingga kencang, sedikit saja brosist, sekitar 1/8 putaran..

image

Sooo,, itu dia brosist beberapa perkara tentang bongkar-pasang busi motor,, monggo ditambahkan kalo dirasa ada yang kurang,, sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna..

BACA JUGA :

Iklan
 
 

Tag: , , , , , , , , ,

25 responses to “Hal Sepele yang Kerap Diabaikan saat Bongkar-Pasang Busi : Mengencangkan terlalu Kuat,, Lepas Busi saat Mesin Panas,, Mencopot Ring Busi,, dll..

    • mansarpost

      13 Juni 2015 at 1:05 pm

      Jooooss.. Jangan pakai busi iridium juga ya om.. 😀

      Suka

       
      • Kobayogas

        13 Juni 2015 at 3:38 pm

        eh salah, justru harus #eh

        Suka

         
      • mansarpost

        13 Juni 2015 at 4:14 pm

        Harus tapi bbm n rasio kompresinya juga kudu ngedukung.. 😀

        Suka

         
      • Kobayogas

        13 Juni 2015 at 4:50 pm

        tullll

        Suka

         
    • mansarpost

      13 Juni 2015 at 1:10 pm

      Joooss,, jangan pakai busi iridium juga ya om.. 😀

      Suka

       
  1. AquariuZ Aquaristik

    13 Juni 2015 at 3:10 pm

    Kalo udah aus ya sekarang harusnya bengkel biasa udh bisa kok, udh ada adapter dratnya, jadi g perlu las, cuma perlu buat drat baru lebih besar dikit, adapter masuk. Kemudian kadang kala orang menggangap ring tambah juga bisa bagus kang

    Suka

     
    • mansarpost

      13 Juni 2015 at 3:21 pm

      Yaaapp,, bagi busi-busi kecil yg dratnya lebih halus, kemungkinan besar masih bisa diakali, di tap ulang.. Kalo motor yg pake busi besar macam GL series dan juga motor 2 tak,, biasanya agak susah ngakalinya, kudu bener2 bikin bos baru..

      Suka

       
      • AquariuZ Aquaristik

        13 Juni 2015 at 3:23 pm

        gak kok, bisa Kang, Coba aj cari di google Bioli Lestari, nih pabrik yg produksi bbrp part motor

        Suka

         
      • mansarpost

        13 Juni 2015 at 3:25 pm

        Wuuiihh,, kudet niih ane.. hehe.
        Yaapps, suwun infonya kang..

        Suka

         
      • AquariuZ Aquaristik

        13 Juni 2015 at 3:25 pm

        siap kang…

        Suka

         
  2. xxx

    13 Juni 2015 at 3:58 pm

    bermanfaat sekali 🙂

    Suka

     
  3. kang ari

    20 Agustus 2015 at 8:49 am

    Tanya om, busi piesku klo tk lepas dlm kondisi mesin dingin kok mlah seret ya muterx, baik nglepas maupun memasang ?? Sebelumx sering copot pasang dlm keadaan panas(untuk lhat warna busi saat pke premium, campur alkhohol, pertamax n pertamax plus am nyoba2 berbagai mcam busi max 50rban wkkkk) enteng muterx, baik melepas maupun memasang, apa krn terbiasa bongkar saat panas drat pd busi pas am drat mesin yg udh memuai saja(busi barupun jg bgtu) ?
    Sampai skarang Q bongkar pasang busi saat mesin panas saja krn saat dingin tkut sleg cz seret muterx,
    Ap sharusnya Q memaksakan bongkar saat dingin atw tetap saat panas ?
    Bingung nih

    Suka

     
    • mansarPost

      20 Agustus 2015 at 9:42 am

      Lebih baik sih ttep pas saat dingin kang,, selama seretnya masih dalam batas normal menurut ane sih masih aman-aman aja..
      Ane sih menduga sudah ada sdikit slek di drat bagian dalam mesin, makanya agak susah baik bongkar maupun pasang, tapi kayaknya masih skala kecil aja..
      Yg terpenting, ngencenginnya jangan terlalu kenceng, sama pastikan juga masuknya nggak miring.. Karena 2 alasan ini yg sering jadi penyebab slek selama pengalaman ane mbengkel..

      Suka

       
      • kang aru

        19 Oktober 2015 at 8:03 pm

        Tq pencerahannya :), agk kuatir jg, mklum motor antik yg spare partnya jg antik wkkkk, seretnya cma dikit aj 😀 mulai rubah kebiasaan

        Suka

         
      • mansarPost

        21 Oktober 2015 at 8:31 am

        Siaaapp.. 😀

        Suka

         
  4. Amediumformat

    26 Februari 2016 at 5:31 pm

    Luar biasa neh gan ulasan artikelnya, memang cara ini terlihat sepele namun jika kita tidak tahu, maka akan tergolong sangat sulit…dengan informasi ini saya sangat terbantu, terimakasih ya gan atas informasinya…

    Suka

     
  5. Koran Otomotif

    26 Februari 2016 at 5:33 pm

    Mantep neh gan artikelnya…membuat saya lebih tahu tentang cara membongkar busi pada motor…kebetulan saya sedang mencari artikel yang mengulas tentang cara membuka busi dengan baik…dan artikel ini pas banget gan…ini sangat membantu saya…thankz ya…

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: