Iklan
RSS

Yuuk Kita Tune-Up Rohani Kita,, Jangan Motornya aja yang di Tune-Up.. :D

25 Jun

Yuuk Kita Tune-Up Rohani Kita,, Jangan Motornya aja yang di Tune-Up.. 😀

Spiritual Tune-Up

MansarPost – Tubuh manusia terdiri dari dua unsur utama, yakni unsur jasmani dan unsur rohani.. Unsur jasmani adalah jasad kita sendiri, unsur yang selalu kita lihat sehari-hari, unsur yang juga bisa dilihat oleh orang lain, badan kita.. Kedua, unsur rohani.. Unsur rohani sifatnya abstrak, tidak bisa dilihat tapi sebetulnya dia ada di dalam tubuh kita dimana unsur rohani ini biasa dikenal sebagai “ruh” yang ada dalam diri kita.. Unsur jasmani dan rohani adalah satu kesatuan yang membuat kita menjadi manusia yang utuh.. Jasmani yang kuat, jasmani yang dihormati berbagai pihak tidak ada artinya jika ruh sudah ditarik keluar dari tubuh kita.. Bukan lagi dihormati, tapi mungkin ditakuti karena jasmani tanpa ruh adalah mayat..

image

Sehat jasmani dan rohani

Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, baik unsur jasmani maupun unsur rohani semuanya jelas butuh makanan agar kondisinya tetap fit sepanjang hari.. Unsur jasmani ini diciptakan oleh Allah SWT dari tanah.. Karena asalnya dari tanah, ya sumber makanannya juga dari tanah.. Vitamin, mineral, sayur-sayuran, binatang ternak, semuanya berasal dari unsur tanah, dari bumi.. Unsur rohani diciptakan oleh Allah SWT dari langit untuk itu makanan yang dibutuhkan juga harus dari langit.. Apa..?? Cukup dengan menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.. Shalat, puasa, dzikir, sedekah semuanya adalah makanan-makanan rohani.. Semua sumber makanan ini harus seimbang agar unsur jasmani dan rohani kita juga seimbang, tidak ada yang sakit..

Sayangnya, dalam kehidupan sehari-hari kita lebih cenderung mempedulikan unsur jasmani saja, unsur rohaninya cenderung diacuhkan.. Jika ada unsur jasmani yang sakit, seketika itu juga kita sibuk mencari cara agar rasa sakit itu bisa sembuh.. Sedang jika ada unsur rohani kita yang sakit, kita malah cuek-cuek saja..

“…Aduuuuhhhh,, jempol gue berdarah niih.. Obat merah mana ya, kudu buru-buru diobatin niiihh…”

“…Waduuhh, dingin banget euy rasanya, males banget daah shalat Shubuh pagi-pagi…”

“…Waaahh,, kalo gue sedekahin duit ini, ntar banda gue bisa abis lagi, besok-besok aja daah sedekahnya kalo udah kaya…”

Unsur jasmani cenderung didahulukan karena rasa sakitnya dialami langsung saat itu juga.. Sedang jika unsur rohani, kebanyakan dari kita tidak sadar bahwa sesungguhnya unsur rohani kita sedang sakit..

Alhamdulillah bulan Ramadhan telah datang, sebuah bulan yang insyaAllah bisa mengobati sakit unsur rohani kita selama 3 minggu ke-depan.. Ibarat kata mesin, maka bulan puasa ini adalah ajang dimana rohani kita di tune-up di bengkel rohani agar nantinya bisa tampil maksimal kembali.. Untuk itu, selama bulan puasa ini, marilah kita isi kegiatan kita semua dengan hal-hal yang baik bagi rohani kita.. Semoga selama beberapa hari kedepan rohani kita bisa fit kembali, sehingga rasa malas yang menghampiri ketika waktu shalat tiba bisa hilang tanpa bekas.. Semoga rasa sayang banda ketika bersedekah tidak lagi muncul, dan Allah SWT menggantikannya dengan rasa ikhlas..

Demikian kiranya dari saya, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.. Semoga berguna..

Jika tulisan ini dirasa tidak baik, monggo dikoreksi..

Jika tulisan ini dirasa baik, monggo disebarkan..

Iklan
 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 25 Juni 2015 in Islam

 

Tag: , , , , , , , , ,

3 responses to “Yuuk Kita Tune-Up Rohani Kita,, Jangan Motornya aja yang di Tune-Up.. :D

  1. cvnadagroup2017

    25 Juni 2015 at 6:31 am

    good pos

    Suka

     
  2. centrovista

    26 Juni 2015 at 3:26 pm

    sebenarnya bukan hanya unsur rohani tapi juga unsur pikiran. unsur pikiran didapat dari pengetahuan. jangan sampai kita ntar (merasa) beribadah tp tanpa ilmu, hyn sekedar ikut2an. (katanya si anu, si itu dll) dah cape2 ibadah, eh ternyata ntar ibadahnya ditolak di akherat. rugi men.

    yg rajin ibadah byk, tapi ntah bener apa kagak, ndak tau, aneh kan? 🙂

    yg masih mo didaur ulang

    http://motofusion.tk

    Suka

     
    • mansarPost

      26 Juni 2015 at 5:20 pm

      Yaaapp,, bener banget kang.. Ilmu dan ibadah memang harus saling melengkapi, jangan sampai pincang sebelah..
      Joooss.. 😀

      Suka

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: