Iklan
RSS

Kemungkinan Mesin CB150R Facelift Tidak Lagi Overbore,, Redline RPM juga Bisa Turun.. Kubikasinya Kini Sama Dengan Sonic 150R..

05 Jul

Kemungkinan Mesin CB150R Facelift Tidak Lagi Overbore,, Redline RPM juga Bisa Turun.. Kubikasinya Kini Sama Dengan Sonic 150R..

Engine Characteristic of Honda CB 150R Facelift is No Longer Overbore…?? – Engine Cubication now is 149,16cc Similar with Honda Sonic 150R

MansarPost – Salah satu keunggulan dari Honda CB150R StreetFire adalah karakter mesinnya yang lebih panjang bore (diameter piston) dibanding stroke nya (langkah piston) atau biasa dikenal dengan istilah overbore.. Jenis mesin seperti ini dikenal mampu bertahan pada kitiran RPM yang lumayan tinggi dan dipercaya dapat mengail power lebih tinggi pula dibandingkan dengan mesin yang berkarakter sebaliknya (overstroke) dengan kubikasi yang sama.. Namun demikian, jenis mesin ini juga mempunyai beberapa kelemahan yang tidak lain merupakan konsekuensi dari kelebihannya sendiri, yakni tenaga yang dirasa kurang nampol di RPM bawah serta konsumsi BBM yang relatif lebih boros dibandingkan mesin overstroke..

image

Mesin overbore Honda CB/CBR150

Yaaapp,, yang kita omongin di atas itu mesinnya Honda CB150 model saat ini, sedangkan untuk sang CB150 facelift nanti,, mesinnya masih belum pasti bakal tetap overbore, malah kemungkinannya bakal mengarah ke tipe square (ukuran bore = stroke)..

Dasarnya apa…??
Dasar utamanya adalah kesamaan kubikasi antara HONDA Y3B02R17L0 M/T (Sonic 150R) dan HONDA H5C02R20M1 M/T + H5C02R20M1A M/T (2 varian CB 150R facelift) yang ada di situs TPT online dimana kubikasi dari ketiga produk ini adalah sebesar 149,16cc.. Sook bagi yang mau ngecek langsung, liat situsnya TPT online Kemenperin disini..
Sebagai catatan,, kubikasi dari Honda CB150 current (HONDA CB15A1RRF M/T) adalah sebesar 149,48cc..

image

TPT produksi Sonic 150, CB150 facelift dan CB150 sekarang

Sebagaimana sudah kita bahas sebelumnya (klik disini),, mesin sang Sonic yang sebesar 149,16cc tersebut besar kemungkinannya bakal menggendong mesin square, bocorannya sudah cukup kuat, ada bukti lisan dari pihak yang tahu akan mesin sang Sonic, plus ditambah adanya bukti foto dari pistonnya yang disandingkan dengan piston dari Suzuki Satria F150.. Hal lain yang menguatkan sinyalemen ini adalah batas red line dari raungan mesin sang Sonic yang ada di angka 9500 RPM, artikelnya juga tadi siang sudah kita bahas (klik disini)..

Ada alasan lainnya…??
Hal lain yang mungkin bisa dijadikan alasan adalah calon sasaran tembak produk ini, Yamaha New Vixion Advance (NVA).. IMHO, pabrikan Honda mencoba untuk membenturkan segala sesuatunya agar sang CB150 facelift nantinya bisa benar-benar head to head dengan NVA.. Body sama gambot, tutup tangki sama rata, posisi kunci kontak sama-sama di tangki, dan mesin yang nyaris sama-sama square.. Sedang untuk hal lainnya, Honda mencoba untuk mengunggulkan produknya melalui lampu-lampu LED dan konfigurasi mesin DOHC nya..

image

Mesin Yamaha New Vixion

Mengenai kecenderungan mesin overbore yang ditinggalkan,, mungkin propaganda mengenai performa yang didapat melalui mesin overbore agak kurang efektif karena adanya kelemahan yang menyertainya (konsumsi bahan bakar yang relatif boros)..

Lhaaa terus,, powernya bakal turun dong kalo misal bener nggak lagi overbore…??
Jawabannya belum tentu,, bisa iya bisa juga tidak.. Tapi yang jelas,, besar kemungkinan power maksimumnya bakal bergeser ke RPM yang lebih rendah dimana kondisi ini memang cocoknya ya sama kondisi jalan di perkotaan.. Naaahh terus, kalo mau nambah performa dan sekalian meningkatkan red line RPMnya,, ya tinggal bore-up aja pake diameter silinder yang lebih besar, tooohh senjata DOHC nya khan sudah siap, sudah built-in dari sononya..

Soooo,, mesin Sonic 150R dan CB 150 facelift sama plek…?? Bisa jadi brosist,, perbedaannya palingan ada di derajat bukaan klepnya, perbedaan profil kem.. Kita lihat aja spesifikasi resminya nanti..
Sekian dari mansarpost,, mohon dikoreksi jika salah,, semoga berguna..

BACA JUGA :

Iklan
 

Tag: , , , , , , , , ,

6 responses to “Kemungkinan Mesin CB150R Facelift Tidak Lagi Overbore,, Redline RPM juga Bisa Turun.. Kubikasinya Kini Sama Dengan Sonic 150R..

  1. java36

    5 Juli 2015 at 8:30 pm

    Jozzz

    Suka

     
    • mansarPost

      6 Juli 2015 at 4:13 am

      Untung bukan persegi panjang atw belah ketupat.. ūüėÄ

      Suka

       
  2. rajesarmanaritonang

    5 Juli 2015 at 9:07 pm

    Reblogged this on rajesarmanaritonang and commented:
    huihhh Kencanga

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: