Iklan
RSS

Salah Satu Fungsi Engine Hanger pada New Honda CB150 adalah untuk Mencegah Rangka Tralisnya Retak..

10 Agu

Salah Satu Fungsi Engine Hanger pada New Honda CB150 adalah untuk Mencegah Rangka Tralisnya Retak..

New Chassis of Honda CB 150 R StreetFire 2015, Now with Alumunium Engine Hanger

MansarPost – Dahulu, sebelum All New Honda CB 150 R StreetFire 2015 resmi diluncurkan kepada publik, sepenggal bocoran tentang adanya braket alumunium (engine hanger) yang menempel pada sasis sempat menyeruak di dunia maya.. Pernah juga kita bahas terkait perkara ini dimana diskusinya pada saat itu berfokus pada fungsinya yang kemungkinan besar untuk mengurangi getaran mesin akibat karakter mesinnya yang berubah (dari overbore jadi square)..

image

Engine hanger berbahan alumunium pada New Honda CB 150 R StreetFire

Naaah, setelah sang New CB 150 ini lahir, alasan utama keberadaan “engine hanger” ini pun terungkap.. Dan ternyata tujuannya sangat sederhana brosist, yakni untuk memudahkan saat bongkar-pasang mesin karena sasis utama kini tidak menutup bak magnet dan bak kopling (crankcase), sesimpel itu ternyata tujuan utamanya ya, weleh weleh.. 😀

“…Kini dibikin lebih pendek dan enggak menutup bak magnet maupun kopling, sehingga akan memudahkan saat bongkar pasang, tak perlu lagi mengendurkan sasis…” terang Sarwono Edhi, Technical Service Training Development PT Astra Honda Motor.

Bukan berarti fungsi sebagai peredam getaran salah lhoo ya, fungsi tersebut IMHO tetap ada, cuma mungkin itu tujuan sampingannya saja, sama dengan tujuan agar sasis terlihat makin keren karena engine hanger alumunium ini.. Lanjut,, selain fungsi utama di atas, rupanya ada sebuah pertimbangan lain kenapa sasis baru New Honda CB 150 R dibuat seperti ini.. Mau tahu apa alasannya…?? Ternyata untuk mencegah retaknya sasis tralis bawaan jikalau dibawa ke bengkel-bengkel umum pinggir jalan brosist.. Lhoo kok bisa, maksudnya gimana siih…?? Jadi ternyata, cara mengencangkan baut sasis tralis CB150 itu pakai alat khusus brosist, pakai kunci momen agar beban yang diterima sasis sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan..

“…Jika saat pengencangan enggak
pakai kunci momen, sehingga torsi tak sesuai rekomendasi, maka beban yang diterima sasis jadi tak seimbang lagi…”

Dan efek atas hal ini, dalam jangka panjang bisa menyebabkan retaknya sasis utama dan bahkan hingga patah..

image

Contoh kasus sasis tralis Honda CB 150 patah

Naaahh,, dengan sasis model baru ini, kejadian seperti di atas bisa dicegah, karena urusan bongkar pasang mesin kini tinggal mengendurkan baut engine hanger saja, baut sasis utama nggak usah diutak-atik lebih jauh..
Sooo, engine hanger alumunium All New Honda CB 150 R, ternyata bukan hanya untuk pemanis desain saja euuy, ada manfaat yang jauh lebih besar daripada itu..
Sumber

Iklan
 

Tag: , , , , , , ,

14 responses to “Salah Satu Fungsi Engine Hanger pada New Honda CB150 adalah untuk Mencegah Rangka Tralisnya Retak..

    • mansarPost

      10 Agustus 2015 at 6:12 pm

      Secara tidak langsung iya kang, agak rawan kalo dipegang sama bengkel umum, kalo tahan banting harusnya sih oke2 aja sama bengkel umum juga..

      Suka

       
  1. RF

    10 Agustus 2015 at 7:32 pm

    Fungsi yg sangat penting.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan. https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

    Disukai oleh 1 orang

     
  2. kamen rider chaser type axe

    10 Agustus 2015 at 8:03 pm

    vixion aja lah rangkanya udah terbukti aman n kuat n keren pastinya

    Suka

     
    • mansarPost

      10 Agustus 2015 at 8:08 pm

      Kalo untuk kekuatan, ane akui deltabox Vixion memang jempolan dahh.. Cuma kalo ngeliat desain dan fitur New CB150 ini, NVA tetep harus waspada, masalahnya bagi konsumen Indonesia, desain yang selalu diutamakan, masalah sasis dll dinomorsekian kan..

      Suka

       
  3. Nero

    10 Agustus 2015 at 10:27 pm

    sotoy.. lu pernah tau ga CBR old yg di stroke up pk stang tiger yg 62,2 mm.. dirangka twinsparnya tu mesin dlm kondisi stationer bisa nyodok2 kedepan.. krn sama dgn cb150 old hanger ada di bawah.. makanya yg CBU FI dibuat stabilizer lg bawah sama atasnya.. nah ini new Cb150 di stroke up jg mesin jg bakal bergetar.. maknya hanger dibuat diatasnya..

    Suka

     
    • mansarPost

      11 Agustus 2015 at 8:01 am

      Khan fungsinya sebagai peredam getaran juga udah disebutin di atas kang.. Jadi disini maksudnya tuh fungsinya bukan cuma itu doang, tapi ada banyak pertimbangan lainnya.. yg ngomong juga bukan ane, itu dari insinyur tekniknya Honda, ada sumbernya, coba deh cek lagi.. 😀

      Suka

       
  4. gugigiswanto

    11 Agustus 2015 at 9:54 am

    Mungkin di next CB 150 desain rangka Twinspar akan digunakan lagi. Apalagi jika menggunakan rangka alumunium twinspar nya Old cbr 150….Kelihatannya lebih solid dibanding vixion atau R15, karena menggunakan alumunium solid. Sedangkan vixion atau R15 menggunakan delta box yg tipe hollow….CMIIW

    Suka

     
    • mansarPost

      11 Agustus 2015 at 10:07 am

      Kemungkinan siih ttep terbuka kang,, cuma kendalanya ya itu, klasik banget, masalah biaya.. Padahal sasis yang bener2 DNA MotoGP ya sasis ini.. 😀

      Suka

       
  5. wak wau

    11 Agustus 2015 at 2:37 pm

    ringkih ya?

    Suka

     
  6. ardiantoyugo

    11 Agustus 2015 at 2:46 pm

    Ngirit tralis… Wkwkwkwk…

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: