Iklan
RSS

Ternyata Performa Suzuki Satria FU 150 Euro 3 Sedikit Lebih Inferior Dibanding Satria Versi Euro 2..

22 Agu

Ternyata Performa Suzuki Satria FU 150 Euro 3 Sedikit Lebih Inferior Dibanding Satria Versi Euro 2..

Suzuki Satria FU 150 – Euro 3 vs Euro 2

MansarPost – Ketatnya aturan mengenai emisi gas buang kendaraan bermotor di Indonesia yang kini sudah mulai beralih ke standar Euro 3,, mau tidak mau memang memaksa setiap pabrikan yang ada untuk terus menekan emisi gas buang produknya agar semakin ramah lingkungan.. Salah dua cara yang ditempuh adalah dengan mengganti sistem pengabutan bahan bakarnya menjadi sistem injeksi dan satu cara lainnya adalah dengan menambahkan katalis di sektor muffler atau knalpot agar gas buang yang dihasilkan bisa tersaring lebih bersih..

Jika langkah utama yang ditempuh adalah mengubah sistem pengabutan bahan bakarnya,, besar kemungkinan emisi gas buangnya bisa ditekan secara drastis.. Masalahnya butuh waktu yang tidak sebentar untuk dapat merubah sistem pengabutan bahan bakar ini, karena hal ini juga harus didukung oleh piranti elektronik yang mumpuni.. Naaahh untuk mengatasi kendala waktu ini, maka dalam jangka pendek, langkah yang biasa diambil adalah dengan menambahkan katalis di bagian knalpotnya..

Hal inilah yang terjadi pada Suzuki Satria FU 150 seri terbaru yang kini sudah lulus uji emisi standar Euro 3.. Untuk menekan emisi gas buangnya, rombakan dilakukan dengan menambahkan katalis di sektor muffler.. Hasilnya sihh oke, kadar gas buang jadi lebih rendah, tapi ternyata ada sedikit efek yang rupanya berpengaruh pada performa sang kuda besi, tenaganya tidak seberingas dahulu..

Yaaapp,, berdasarkan pengetesan yang dilakukan oleh majalah Otomotif di edisi 15 : XXV untuk periode tanggal 20-26 Agustus 2015, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ada sedikit penurunan performa pada Suzuki Satria FU 150 Euro 3 ini.. Berikut hasil lengkapnya..

image

Perbandingan performa dan konsumsi BBM Suzuki Satria FU 150 Euro 2 (lawas) dan Euro 3 (new)

Yaaahh,, tidak disangka tidak diduga, ternyata penurunan terjadi di semua sektor, baik itu di sisi power, torsi hingga konsumsi bahan bakar.. Hal ini juga berpengaruh terhadap torehan waktu akselerasi dan capaian top speednya yang ternyata tidak lebih baik dibandingkan Satria versi Euro 2..

Luamayan juga ya.. Penambahan berbagai fitur seperti muffler model baru, adanya fitur pengaman di kunci kontak, ban tubeless dan model cakram yang bergelombang,, ternyata harus dibayar dengan sedikit pengorbanan di sisi performa..
Waaahh kalo begini, Satria injeksi kudu cepet brojol niiih,, biar performanya bisa naik lagi.. 😀

Iklan
 
11 Komentar

Ditulis oleh pada 22 Agustus 2015 in otomotif, Perbandingan Produk, Roda 2

 

Tag: , , , , ,

11 responses to “Ternyata Performa Suzuki Satria FU 150 Euro 3 Sedikit Lebih Inferior Dibanding Satria Versi Euro 2..

  1. ki daus

    22 Agustus 2015 at 10:33 pm

    kan udah biasa fu kaya gtu. makanya kmrn saya narik fu ckd 2008 cuma 8jt dibanding beli fu yg keluaran skrng dan dicoba sama org eh malah mau dibayar 10jt wwkwkwk..
    alesan org itu katanya fu tahun lama lebih bagus drpd skrng dan itu emang bener sih bukan isepan jempol belaka 😀

    justru saya penasaran satria fu injeksi nanti, udah injeksi trus wajib lolos euro 3 pula. makanya kmrn liat rider fu ngetawain sonic lemot saya mah ngakak aja. lah wong fu baru pake karbu untuk lolos euro 3 aja disunat tenaganya apalagi nanti pas injeksi. bisakah bejaban sama sonic tanpa menaikan cc fu ??

    Disukai oleh 1 orang

     
    • mansarPost

      23 Agustus 2015 at 11:31 am

      Kalo menurut ane malah bakal naik kang,, soalnya kalo nanti dari injeksinya aja satria udah bisa lolos euro 3, IMHO kemungkinan katalis di muffler bakal dikurangi biar power nggak drop.. Kubikasinya juga rumornya naik hingga 155cc (entah 153cc), plus penambahan radiator dimana nantinya rasio kompresi bisa dinaikkan sampai rasio 11:1 atau lebih..

      Suka

       
    • Santos

      4 Desember 2016 at 12:59 am

      Lihat kan gan skrg fu injeksi sudah keluar dan akhirnya , hampir semua video yang mengadu satria fi dengan sonic menang satria fi.jangan sok ngakayij orang gan situ yang di ngakakin ntar karena sotau.hihi

      Suka

       
  2. agoey

    22 Agustus 2015 at 11:02 pm

    Gampang..ganti knalpot aja pakai versi sebelumnya…

    Suka

     
    • mansarPost

      23 Agustus 2015 at 11:26 am

      Iya sihh kang, tapi jadi nggak praktis, kecuali pas ada yg mau tuker tambah.. 😀

      Suka

       
      • agoey

        23 Agustus 2015 at 11:34 am

        Ia..lagian rata2 rider satria itu doyan oprek motor.. Jadi ndak masalah.. Tinggal ganti 3 pilar pendongkrak performanya..

        Disukai oleh 1 orang

         
  3. G-sonk

    23 Agustus 2015 at 1:52 am

    Pakein silincer knalpot shogun 110 dibobok los + ngebas ,! Pasti ganas

    Suka

     
    • mansarPost

      23 Agustus 2015 at 11:25 am

      Bole juga kang,, apalagi limiternya dilepas (dinaikin).. 😀

      Suka

       
  4. Warmer Crown 4 in 1

    23 Agustus 2015 at 6:34 am

    oh honda sonic 150, semakin kulihat dirimu semakin ingin kumiliki , , ,
    YYOOOOSSSHHH , , , BISMILLAH akan kupinang dirimu (optimis)

    Suka

     
  5. RF

    23 Agustus 2015 at 2:35 pm

    Tunggu yg versi injeksi saja.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: