Iklan
RSS

Target Penjualan 21 ribu vs 11 ribu, ini Meremehkan Sonic 150 R atau terlalu Pede sama New Honda CB 150 R..??

09 Sep

Target Penjualan 21 ribu vs 11 ribu, ini Meremehkan Sonic 150 R atau terlalu Pede sama New Honda CB 150 R..??

New Honda CB 150 R and Sonic 150 R Sales Target

MansarPost – Brosist sobat pembaca sekalian, tahu nggak berapa target penjualan Honda Sonic 150 R dan New CB 150 R yang awal Agustus lalu dirilis AHM…?? Yaaapp,, target penjualan Sonic adalah 11 ribu unit/bulan, sedangkan CB 150 facelift targetnya sebanyak 21 ribu unit/bulan..

image

New Honda CB 150 - target penjualan sebanyak 21 ribu unit / bulan

Jika keduanya dibandingkan, terlihat bahwa target penjualan New CB150 ini jauh lebih besar ketimbang sang Sonic.. Perbandingannya hampir mencapai 2x lipatnya, kenapa…?? Apa karena pangsa pasarnya jauh lebih besar motor sport naked..? Atau karena Honda jauh lebih pede sama desain facelift CB 150 StreetFire yang sekarang..?

Kalo mansarpost lihat, hal yang paling mempengaruhi target penjualan ini pertama adalah jumlah kapasitas produksinya.. Mungkin sebagian besar dari kita sudah pada tahu bahwa menurut rumor yang beredar, segmen Sonic nantinya akan dipecah menjadi 2, yakni segmen pure ayam jago dan segmen bebek super dengan desain seperti Yamaha MX King.. Naaah karena segmen ini terpecah menjadi 2, maka IMHO target penjualannya pun terbagi antara si Sonic 150 dan si “Bebek Super” yang nanti akan segera meluncur.. Dengan kata lain, target penjualan antara segmen sport naked dan segmen hyper underbone (ayago + bebek super) itu sepertinya sama, sekitar 20 ribuan unit/bulannya..

Apakah cukup realistis…??
Untuk New CB 150, sepertinya siih cukup realistis ya, cuma mungkin butuh sedikit waktu saja.. Awalnya sedikit-sedikit dulu, naaah kalo peredarannya di masyarakat sudah lumayan luas, baru dehh terjadi mutiplier effect,, yang nggak tahu motor ini nantinya jadi tahu, terus kepingin, terus jadi beli.. Saat inilah penjualan CB facelift ini bisa terus merangkak naik hingga mencapai titik kestabilannya..
Jadi kalo dibilang pede, ya cukup pede laaah, wong Honda Old CB juga penjualannya dulu pernah menyentuh 20 ribuan unit kok.. Soo, New CB 150 juga yakin bisa, atau bahkan melewati target sebanyak 21 ribu unit.. Satu catatannya tadi, butuh waktu…!!

Kedua, target penjualan Honda Sonic 150 R.. Jika kehadiran calon bebek supernya nggak kita perhitungkan, target penjualan sebesar 11 ribu unit sebetulnya agak terasa kekecilan kalo menurut mansarpost, mudah untuk dicapai atau bahkan dilewati.. Antusiasme publik terhadap sang Sonic lumayan besar je,, test ridenya banyak yang ngantri,, top keyword Search Engine Terms mansarpost blog pun hingga saat ini masih didominasi oleh keyword Honda Sonic 150..

image

Honda Sonic 150 R - target penjualannya 11 ribu unit per bulan

Masalahnya cuma ya itu tadi, karena pertimbangannya sang Sonic 150 ini bakal berbagi market share dengan varian bebek supernya, maka ketika si bebek super (sebut saja Super Blade) ini lahir, maka seketika itu juga penjualan Honda Sonic 150 R akan terkoreksi..
Sooo, target 11 ribu unit saat ini sebetulnya bukan untuk meremehkan sang Sonic 150,, tapi target jangka panjang saja ini mah, setelah si “Super Blade 150” lahir..

Satu hal lain yang harus dipertimbangkan adalah kondisi perekonomian bangsa ini.. Jika penjualan sepeda motor masih tetap lesu, maka usaha pencapaian target akan semakin berat.. Ditambah lagi tekanan mata uang Dollar terhadap Rupiah.. Jika nilai tukar Dollar terhadap Rupiah semakin kuat, terus di atas 14 ribu, maka konsekuensi yang mungkin timbul adalah kenaikan harga jual sepeda motor.. Jika hal ini terjadi,, maka daya beli konsumen akan semakin lemah.. Sooo, mudah-mudahan saja Rupiah bisa balik menekan Dollar, 10 ribu per Dollar saja udah cukup kok.. 😀

Iklan
 
13 Komentar

Ditulis oleh pada 9 September 2015 in Ekonomi, Opini Otomotif, Roda 2

 

Tag: , , , , ,

13 responses to “Target Penjualan 21 ribu vs 11 ribu, ini Meremehkan Sonic 150 R atau terlalu Pede sama New Honda CB 150 R..??

  1. Stop N' Go

    9 September 2015 at 9:33 am

    Hmm nampaknya SONIC harus sedikit mengalah dulu di awal…Karena strategi barangkali, karena AHM sudah gatal ingin menggerus pangsa pasar SPORT yg masih dikuasai oleh saingannya….IMHO

    Suka

     
    • mansarPost

      9 September 2015 at 7:20 pm

      Bisa jadi gitu juga kang,, gregetnya ke segmen sport, jadi produksi lebih diutamakan ke segmen sport..
      Satu yang ane masih penasaran, penjualan si sonic di data AISI ini masuk ke sport atau bebek,, soalnya AHM sendiri mengkategorikan Sonic sebagai sport..

      Suka

       
  2. Supono Wahyudi

    9 September 2015 at 12:25 pm

     
    • mansarPost

      9 September 2015 at 7:17 pm

      Soalnya kalo putih – abu2 itu masa SMA ya kang.. #nggak nyambung.. 😀

      Disukai oleh 1 orang

       
  3. gondes

    9 September 2015 at 12:47 pm

    Opo arep payu cb rek rek

    Suka

     
    • mansarPost

      9 September 2015 at 7:16 pm

      Bisa jadi kang,, tapi butuh waktu, nggak bisa langsung instan..

      Suka

       
  4. RF

    9 September 2015 at 1:25 pm

    Mantap analisanya.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan.
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

    Suka

     
  5. pembaca

    9 September 2015 at 9:16 pm

    segmen sport 150 dah di kuasai honda, hanya satu yg belum , naked sport 150 cc, ini mungkin saat nya, bebek matic sport ayago , rakus ya hahaa

    Suka

     
    • mansarPost

      9 September 2015 at 9:26 pm

      Ntar kalo semua segmen udah dikuasai bisa rawan monopoli nihh,, bahaya..

      Suka

       
  6. penggembalasukacita

    13 Desember 2016 at 3:44 pm

    Terlalu pd dan akhirnya …menyedihkan

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: