Iklan
RSS

Kontroversi Dilematis Pengganti Tiger : Bisa CB 190 R, Bisa CB 250 Twister, Bisa Nggak Ada Sama Sekali…!!

10 Okt

Kontroversi Dilematis Pengganti Tiger : Bisa CB 190 R, Bisa CB 250 Twister, Bisa Nggak Ada Sama Sekali…!!

Honda Tiger Successor Candidates : CB 250 Twister, CB 190 R, VTR 250, or Nothing..

MansarPost – Honda CB 250 Twister, kehadirannya di negeri Amazon Brazil beberapa hari lalu sempat membawa angin segar bagi dunia otomotif tanah air.. Yaaaps, motor ini telah mengungkit kembali wacana tentang penerus Honda Tiger yang sudah disuntik mati oleh AHM.. Basis mesinnya 11-12, konvensional, berpendingin udara, klan GL series (dengan kubikasi yang lebih besar dari Tiger) .. Rangkanya juga sama-sama diamond, model velg mirip New CB150, dan satu yang paling penting,, aura sang cruiser masih sangat kental terasa..

image

Honda CB 250 Twister

Kegegeran seperti ini sebelumnya juga pernah terjadi saat publik China kedatangan Honda CB190R.. Mesinnya juga sama-sama konvensional berpendingin udara (dengan kubikasi yang lebih kecil dari Tiger), rangka tipe diamond, dan model velgnya juga sama dengan New CB150.. Bedanya doi mengusung desain pure naked sport dengan suspensi depan model terbalik (up side down).. Buritannya juga nungging abis.. Dua hal terakhir agak menyimpang jauh dari ciri khas sang Tiger..

Jauh sebelumnya saat rumor mesin V Twin Honda menyeruak juga sama,, pembahasan dunia maya tentang Honda VTR 250 yang digadang sebagai wacana penerus Honda Tiger lumayan ramai.. Hanya saja pemberitaan ini meredup ketika rumor V Twin beralih ke mesin twin inline, V twinnya nggak jadi..

Pokoknya,, semua yang bagus-bagus dimauin.. Selama desainnya bagus, semuanya diinginkan jadi New Tiger, jadi Tiger Reborn.. Jadi kalo misalnya besok-besok di negeri antah berantah Honda ngeluarin motor 200 cc keren,, reaksinya juga mungkin sama, dipengenin juga jadi penerus gen Tiger.. Bagai telur di ujung tanduk..

Waaahh cocok niih, pentilnya sama, bautnya sama, rantenya sama, bannya juga sama, bulet..

Kondisinya di pasar saat ini,, kelas sport naked 250 cc hanya diisi oleh motor yang sebetulnya berbagi platform dengan motor fairing 250cc.. Ada Ninja trondol/naked (Z250 dan 250 Mono), ada juga R25 trondol (MT-25).. Kalo mau head to head dengan mereka, besar kemungkinan pabrikan Honda pun bakal ngikutin arus pasar yang ada.. Motor sport kelas 250cc nya bakal berbagi platform dengan motor sport fairingnya nanti, CBR250RR.. Kalo Honda mengambil langkah ini, maka wacana New Tiger hanyalah sebuah angan belaka.. IMHO, tidak ada itu yang namanya New Tiger, yang ada ya CB250/CB250F..

Kemungkinan New Honda Tiger lahir terbuka lebar jika pabrikan Honda mengambil langkah lain, buka pasar sendiri, jadi first mover lagi.. Jadi selain CB250/CB250F, ada motor sport lain dengan kubikasi sejenis yang membawa sebagian besar ciri khas sang Cruiser (kecuali fitur kemrosok).. Yang menjadi masalah kalo pasar di kelas ini kecil, katakanlah maksimal hanya 2 ribu unit/bulan.. Pabrikan tentu nggak mau hambur-hambur uang hanya untuk meladeni keinginan sebagian kecil konsumen, kendala besarnya disini.. Namun bukan berarti tetap nggak bisa juga, kebijakan produksi bisa tetap jalan kalo misal Indonesia jadi basis produk global, jadi produksinya ngga cuma seribu atau 2 ribu unit saja, itupun kalo kualitasnya bisa diterima sama negara pengimpor.. Jadi kayaknya masih banyak jalur berliku nan terjal bagi si New Tiger ini brosist..

Iklan
 
4 Komentar

Ditulis oleh pada 10 Oktober 2015 in Opini Otomotif, otomotif, Roda 2, Rumor Produk Baru

 

Tag: , , , , , , , ,

4 responses to “Kontroversi Dilematis Pengganti Tiger : Bisa CB 190 R, Bisa CB 250 Twister, Bisa Nggak Ada Sama Sekali…!!

  1. ardiantoyugo

    10 Oktober 2015 at 10:40 am

    Makanya ga muncul muncul ya… Wkwkwkwk…

    Sangarnya Kawasaki ZX10R: http://wp.me/p1eQhG-1oB

    Suka

     
  2. RF

    11 Oktober 2015 at 1:10 am

    Sayang kalau tidak ada penerusnya.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

    Suka

     
  3. goozir

    11 Oktober 2015 at 3:31 pm

    susah kalo dicc 250 banyak yang kaga minan denga banderolnya

    strategi rossi yang ampuh di moyogp motegi
    goozir.com

    Suka

     
  4. gondes

    12 Oktober 2015 at 6:32 am

    Sudah ga bisa keluar lagi pokoknya,biar jadi barang antik

    Suka

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: