Iklan
RSS

All New Honda CBR 150 R Mayor Facelift 2016 – Tampil Lebih Racy, Masihkah Ergonominya Friendly…?

12 Feb

All New Honda CBR 150 R Mayor Facelift 2016 – Tampil Lebih Racy, Masihkah Ergonominya Friendly…?

MansarPost – Beberapa hari menjelang momen perilisan resminya yang disinyalir akan dihelat tanggal 14 Februari nanti, akhirnya sang CBR 150 (lokal) facelift mulai menampakkan dirinya di dunia maya.. Tidak tanggung-tanggung, kalo biasanya bocoran produk Honda itu dimulai dengan printilan spare part, maka untuk kasus All New Honda CBR 150 R Mayor Facelift 2016 agak sedikit beda,, yakni langsung muncul spyshoot full body, udah gitu lumayan jelas lagi gambarnya.. Sebetulnya printilan bukannya nggak ada sama sekali sih, tetep ada seperti bocoran handle rem, spion dll, tapi lah itu mah apa atuh, gambaran sosok rupanya nggak terlalu bisa dibayangkan..

penampakan spyshoot all new honda cbr 150 r lokal mayor major facelift tahun 2016 terbaru kobayogas

Sosok yang disinyalir keras sebagai All New Honda CBR 150 R (Lokal) Facelift 2016

Setelah banyak membaca artikel-artikel dari blog-blog lain, ada beberapa hal yang menjadi perhatian serius, paling utama adalah model buritannya yang kini jauh lebih racy dibanding pendahulunya K45.. Dan yang kedua adalah perihal mesinnya yang besar kemungkinan bakal sama persis dengan NCB/Sonic 150/Supra 150.. Sisanya nggak usah kita bahas lahh ya..

Oke pertama, buntut racy.. Kalo mansarpost lihat, sepertinya hal ini ada karena memang suara kebanyakan konsumen menginginkan yang seperti ini.. Mungkin dari hasil survei yang mereka lakukan, kebanyakan memang sukanya yang seperti itu.. Kasar kata, keinginan pasar memang seperti itu.. Kalo ada yang mau bilang njiplak R15 juga silahkan-silahkan saja, namanya juga pendapat, nggak harus sama..

Bagaimana pengaruhnya terhadap ergonomi CBR yang terkenal friendly…?

Kalo boleh berpendapat, sepertinya ergonomi berkendara doi tidaklah terlalu drastis berubah.. Tidak berubah disini maksudnya adalah ergonomi terhadap biker utama.. Naahh yang ergonominya berubah lumayan drastis adalah ergonominya boncenger.. Jadi kalo nih motor dibawa sendiri, no boncengan,, IMHO yah kayaknya masih enak-enak aja.. Dasarnya adalah posisi setang yang lumayan tinggi dibanding ketinggian jok utamanya.. Dan dari gambar di bawah ini juga terlihat bahwa kesan menunduk sang rider itu didapat karena bokong doi menempelnya di split jok boncenger, bukan di jok utama.. CMIIW.. cekidot deh..

penampakan spyshoot all new honda cbr 150 r lokal mayor major facelift tahun 2016 terbaru racy balap sentul

Kesan menunduk rider karena bokong doi duduk di jok belakang, bukan jok depan.. CMIIW

Masalah muncul kemudian jika motor dipakai untuk berboncengan, karena jok belakang lumayan tinggi selisihnya dengan jok depan,, pertama sang boncenger mungkin agak sedikit sulit untuk menggapainya, kudu pake dingklik.. :mrgreen: Apalagi kalo boncengernya adalah wanita yang memakai rok.. Masalah selanjutnya yang mungkin timbul adalah beban dari boncenger yang dikhawatirkan bakal bertumpu ke sang rider, apalagi kalo dipake ngerem mendadak.. Beban rider tangan di bagian kemudi lumayan terasa kalo memang demikian, bikin pegel.. Tapi ini semua masih belum bisa dibuktikan brosist, toh cuma analisa gambar aja, judgement prematur..

Yang kedua adalah tentang karakter mesin.. Mungkin sebagian besar pembaca udah pada tahu bahwa karakter mesin NCB/Sonic 150 itu lumayan baik di sisi torsi karena karakternya tidak lagi overbore, meskipun konfigurasinya masih tetap DOHC.. Kalo dirasa-rasa, sebetulnya karakter motor ini di rpm bawah mirip banget-banget sama Vixion dan MX King,, cuma ya itu, karena ada embel-embel DOHC, kesannya ya bedanya jadi jauh banget.. Entah kalo dipake buat balapan, belum pernah soalnya.. Yang jelas dalam praktek sehari di jalanan perkotaan mah rasanya sama, asli..

Apakah itu berarti image DOHC Overbore sang CBR akan hilang..?

Kalo disebut hilang mansarpost agak kurang setuju sih, mansarpost lebih suka menyebutnya berkurang.. Sensasinya memang berkurang soalnya, tapi IMHO ada sedikit rasa yang tetap dipertahankan.. Ini bicara rasa, jadi kalo ada yang beda persepsi, ya harap dimaklumi saja ya..

Kenapa harus pake engine NCB/Sonic 150/Supra 150…? Simple lah jawabannya, kekuatan produksi massal brosist.. Cost bisa lebih jauh ditekan..

wpid-gambar-basis-mesin-honda-cbr150-cb150-streetfire-sonic-150-dohc.jpg.jpeg

Mesin 150cc DOHC pengembangan baru Honda – New CB 150, New CBR 150, Sonic 150, Supra 150

Cost produksi juga bisa ditekan terkait dengan Royalti.. Maksudnya…?? Mansarpost pernah baca diskusi di sebuah group bahwasanya engine old CB/CBR yang masih DOHC overbore itu Hak Patennya ada diluar sana (entah Jepang atau Thailand), soo ketika mesin itu diproduksi secara lokal di Indonesia, yang namanya Royalti ntu ya tetap harus disetor ke yang punya Hak Paten, walaupun yang punya sama-sama Honda..

Naaahh dengan mesin baru ini, yang denger-denger asli racikan Indonesia, maka AHM tidak perlu bayar Royalti lagi.. Sekali dayung 2-3 pulau terlampaui, karakternya disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia, biaya juga bisa dihemat secara jangka panjangnya (walaupun awalnya butuh biaya riset yang lumayan besar)..

Monggo didiskusikan brosist..

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 12 Februari 2016 in Bocoran Produk, Opini Otomotif, otomotif, Produk Baru, Roda 2

 

Tag: , , , , , , , ,

2 responses to “All New Honda CBR 150 R Mayor Facelift 2016 – Tampil Lebih Racy, Masihkah Ergonominya Friendly…?

  1. Rideralam

    12 Februari 2016 at 12:29 pm

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: